Bumi Yang Terdesak

Krisis besar memerlukan energi besar untuk menghadapinya. Memandang dahsyatnya tantangan yang diakibatkan krisis lingkungan di masa ini, tak mengejutkan jika agama kemudian terlibat dan dilibatkan. Dari banyak dimensi krisis itu, pembahasan buku ini terpusat pada salah satu persoalan lingkungan terbesar, yaitu konsumsi dan populasi. Konsumsi berlebihan dan pertambahan pendudukan yang tak terkendali adalah dua faktor utama yang membebani daya-dukung bumi secara berlebihan. Sampai kapan bumi mampu menanggungnya?

 

Buku ini menyajikan pembahan ilmiah mengenai isu-isu seperti daya dukung bumi, indikator keberlanjutan (sustainability), dan dampak lingkungan dari gaya hidup berbasis konsumsi. Tak hanya menyajikan perspektif ilmiah yang kuat mengenai dampak populasi dan konsumsi pada daya-dukung bumi, buku ini juga mengajukan pilihan-pilihan etis mengenainya. Bagaimana agama bisa terlibat dalam penanganan masalah lingkungan ini? Sumbangan potensial apa yang bisa diberikan umat beragama? Bagaimana pula nilai-nilai etis dan keagamaan dapat mempengaruhi kebijakan (policy) dalam mengubah arah perkembangan masyarakat konsumen saat ini?

 

Sebagai bagian dari wacana mengenai ilmu dan agama, buku ini juga menyajikan satu dimensi wacana tersebut yang belum banyak dibahas. Inilah sebuah contoh nyata bagaimana ilmu dan agama dapat “diintegrasikan” bagaimana keduanya bersinergi untuk memecahkan masalah lingkungan, yang sekaligus juga adalah masalah kemanusiaan. Karenanya, buku ini merupakan sumbangan penting yang perlu dicermati peminat kajian agama maupun ilmu lingkungan.

 

 

Bagi yang tertarik, bisa menghubungi:

Divisi Marketing CRCS UGM

Gedung Lengkung Lantai 3

Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada

Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, Indonesia 55281
Telephone/Fax : + 62-274-544976

 

Artikel ini juga tersedia dalam bahasa : English

Tinggalkan Balasan