CRCS Wednesday Forum May 14, 2008, Time : 01 to 14.30 pm. “Westernization, Easternization and Cultural Hybridity: The Case of Tropical Medicine


Speaker : Prof. Frans Husken*

Abstraksi

Tulisan ini mendiskusikan mengenai dampak atas buku yang dikarang oleh John M. Hobson yang berjudul Eastern Origin of Western Civilizatio (Cambridge, 2004) serta penelusuran yang berkelanjutan terhadap asal usul peradaban yang bertolak dari gagasan kelompok esensialis atas budaya dan pertukaran budaya. Tulisan ini lebih lanjut menekankan pada sifat dasar hybrid terhadap perkembangan budaya yang didasari atas hubungan interaksi, komunikasi dan hubungan pinjam-meminjam, serta mengilustrasikan proses-proses ini dengan sebuah deskripsi mengenai pengobatan tropis pada masa-masa awal yang kemudian berkembang menjadi sebuah disiplin keilmuan yang terjadi pada abad 17 masa pendudukan VOC di Batavia.

*Frans Husken adalah Profesor Antropologi Universitas Radboud Nijmegen, Belanda. Kajian keilmuan yang ditekuninya adalah mengenai sejarah politik antropologi dan sejarah antropologi. Dalam penelitian lapangannya, ia menekankan pada transformasi social ekonomi dan budaya, khususnya di daerah pedesaan Indonesia.

Artikel ini juga tersedia dalam bahasa : English

Tinggalkan Balasan