Perkembangan Baru Gender dalam Studi-studi Agama

Edisi kelima FJSC (Forum Jumat Sore CRCS) akan diselenggarakan pada hari Rabu, 7 November 2007, jam 15:30-17:00, di Gedung Sekolah Pascasarjana, lantai 3, ruang 306, Unversitas Gadjah Mada. Pembicara yang akan hadir dalam diskusi ini adalah Christine Gudorf . Tema yang akan diangkat dalam diskusi tentang New Development of Gender within Religious Studies.

Beliau memainkan peranan yang sangat signifikan pada awal perkembangan akademik CRCS. Kelas beliau menginspirasi banyak mahasiswa CRCS untuk menghasilkan paper yang bagus dalam topic agama dan gender. Beliau juga sangat suportif dalam memfasilitasi para mahasiswa CRCS untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat. Sekarang, Dr. Gudorf datang kembali ke CRCS untuk memberikan kuliah tentang perkembangan baru gender dalam studi agama.

Dr. Christine Gudorf merupakan salah seorang sarjana terkemuka dalam studi agama dan gender. Ajaran, penelitian dan publikasinya saat ini secara umum menekankan tentang etik dan agama di dunia barat selama millennium terakhir. Beliau fokus tentang contemporary etik dan pertanyaan-pertanyaan agama antara Kristen, Yahudi, Islam dan berbagai agama suku. Pada tahun 1990, beliau secara khusus terlibat pada isu-isu agama dan etik seputar program-program perkembangan di negara-negara miskin. Khususnya di Amaerika Latin dan Afrika, termasuk juga beberapa Negara Asia seperti (China, Korea, India dan Indonesia). Isu-isu perkembangan ini termasuk angka kesuburan, kesehatan, pendidikan, status perempuan, begitu juga perdagangan, transfer teknologi, dan hutang. Dr. Christine Gudorf memperoleh PhD dalam bidang Religious Social Ethics dari Universitas Columbia Union Theological Seminary. Disertasi beliau telah dipublikasikan oleh University Press of America pada tahun 1980 sebagai Ajaran Sosial Katolik dalam Tema Pembebasan. Sejak itu, beliau telah mempublikasikan 6 buku dan kurang lebih seratus artikel dan bab-bab dalam berbagai buku yang menggangkat topic tentang agama dan etika, termasuk etika medis, feminism, spiritualitas Krsiten, dan perdebatan theology. Artikel-artikel terpilih beliau dapat diakses di http://www.fiu.edu/~religion/gudorf.htm

Artikel ini juga tersedia dalam bahasa : English

Tinggalkan Balasan