Berbagai Pertanyaan Seputar Beasiswa dan Pendaftaran CRCS

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Mengenai CRCS

A. BEASISWA

  1. Apa saja persyaratan untuk melamar beasiswa CRCS? Pelamar yang boleh melamar beasiswa CRCS adalah pelamar yang telah dinyatakan lulus ujian masuk dan sudah dinyatakan diterima di CRCS UGM. Pelamar mengajukan surat lamaran beasiswa ke Ketua Program Studi Agama dan Lintas Budaya. Surat lamaran tersebut menjelaskan mengapa pelamar melamar beasiswa CRCS dan mengapa pelamar layak untuk mendapatkan beasiswa CRCS.
  2. Biaya apa saja yang ditanggung beasiswa CRCS? Beasiswa CRCS hanya menanggung biaya SPP sebesar Rp. 8.000.000 (delapan juta rupiah) per semester selama 4 semester. Beasiswa CRCS tidak menanggung biaya hidup, biaya penelitian, biaya buku, biaya transportasi dan biaya lainnya.
  3. Apa saja kewajiban penerima beasiswa CRCS? Penerima beasiswa CRCS memiliki kewajiban untuk bekerja 6 jam dalam satu minggu di CRCS. Terdapat 2 jenis pekerjaan yang ditawarkan. Penerima beasiswa dapat memilih salah satu dari pekerjaan tersebut. Pertama, menjadi Asisten Peneliti di bawah koordinasi Divisi Riset. Kedua, menjadi Reporter di bawah Koordinasi Divisi Pendidikan Publik. Tugas dari Asisten Peneliti adalah membaca dan mengkliping berita-berita dari koran, majalah dan media online dengan tema yang telah ditentukan Divisi Riset. Koran dan majalah disediakan oleh CRCS dan boleh dibawa pulang untuk dikerjakan di rumah. Teknik pengumpulan berita akan dijelaskan lebih lanjut oleh staf Divisi Riset. Adapun tugas dari Reporter adalah meliput kegiatan CRCS serta menulis berita berdasarkan hasil liputan tersebut untuk ditampilkan di website CRCS.
  4. Berapa lama beasiswa CRCS diberikan? CRCS akan memberikan beasiswa selama 4 semester/2 tahun kepada penerima beasiswa CRCS dengan syarat performa akademik dan performa pekerjaan penerima beasiswa tersebut baik. IPK penerima beasiswa CRCS minimal 3.2. Evaluasi performa akademik dan performa pekerjaan dilakukan pada setiap semester. CRCS akan menghentikan beasiswa jika performa penerima beasiswa tidak memenuhi syarat. Selanjutnya, mahasiswa tersebut melanjutkan studi dengan biaya sendiri atau mengajukan beasiswa ke instansi lain.
  5. Karena beasiswa CRCS hanya menanggung biaya SPP, apakah boleh saya melamar beasiswa lain yang lebih besar dari beasiswa CRCS untuk membiayai biaya hidup, penelitian, buku dan lain-lain? Ya, Anda dapat melamar beasiswa lain yang lebih besar dari CRCS. Jika Anda telah dinyatakan diterima oleh beasiswa lain tersebut, Anda diwajibkan untuk melapor ke CRCS. Selanjutnya, beasiswa CRCS Anda akan dihentikan dan akan dialihkan kepada mahasiswa lain yang lebih membutuhkan.
  6. Apakah beasiswa CRCS dan beasiswa Sekolah Pascasarjana termasuk dalam kategori beasiswa instansi sebagaimana yang disebut dalam formulir pendaftaran UGM? Beasiswa CRCS dan beasiswa Sekolah Pascasarjana bukan termasuk dalam kategori beasiswa instansi. Beasiswa instansi diberikan kepada staf suatu instansi yang akan melanjutkan studi di UGM. Instansi pemberi beasiswa tersebut telah memiliki kerjasama dengan UGM atau Sekolah Pascasarjana untuk menyekolahkan stafnya.

B. TOEFL/ Acept dan TPA/PAPs

  1. Apakah kepanjangan dari TPA? TPA adalah Tes Potensi Akademik.
  2. Apakah kepanjangan dari PAPs? PAPs adalah Potensi Akademik Pascasarjana.
  3. Apakah kepanjangan dari AcEPT? AcEPT adalah Academic English Proficiency Test.
  4. Apakah ada perbedaan antara tes TPA dan PAPs? Tidak ada perbedaan, kedua tes tersebut sama saja, hanya berbeda dalam nama. Di UGM, tes TPA, dikenal juga dengan nama PAPs.
  5. Jika skor TOEFL/ACEPT saya sebelum mengikuti tes masuk UGM dibawah standar minimal CRCS yaitu 475, apakah saya masih tetap bisa mendaftar masuk CRCS? Anda masih tetap bisa melamar masuk CRCS, asalkan skor TOEFL Anda minimal memenuhi standar masuk UGM, yaitu 450 dan skor TPA Anda minimal 500. Selanjutnya, jika Anda telah dinyatakan diterima di CRCS UGM, Anda memiliki waktu selama 1 tahun untuk memperbaiki skor TOEFL tersebut hingga memenuhi standar minimal CRCS UGM.
  6. Jika saya telah dinyatakan diterima di CRCS, akan tetapi skor TOEFL/ACEPT saya dibawah 475, apakah bisa mendaftar beasiswa CRCS? Ya, Anda tetap dapat melamar beasiswa CRCS, karena skor TOEFL bukan satu-satunya kriteria penilaian untuk mendapatkan beasiswa CRCS. Kriteria penilaian lain yang dijadikan penduan tim penilai beasiswa CRCS adalah, hasil wawancara dan surat lamaran beasiswa.

C. UMUM

  1. Jika saya tidak memiliki latar belakang pendidikan S1 yang linier dengan CRCS, apakah saya boleh melamar masuk CRCS? Ya, Anda dapat melamar masuk CRCS walaupun Anda memiliki latar belakang pendidikan S1 yang berbeda dengan CRCS. Sebagai contoh, CRCS menerima mahasiswa dengan latar belakang S1 dari Teknologi Pertanian, Ilmu Komputer, Sastra Inggris, Sastra Prancis, Antropologi, Filsafat, dan lain-lain.
  2. Apakah CRCS menyelenggarakan program matrikulasi bagi lulusan S1 yag tidak sejalur dengan CRCS? CRCS tidak menyelenggarakan matrikulasi. Untuk pengenalan dan pengayaan pengetahuan agama dan budaya bagi mahasiswa yang latar belakang pendidikannya tidak linier, CRCS mendesain mata kuliah dasar yang diharapkan dapat mengenalkan sekaligus memperkaya pengetahuan dasar mahasiswa tentang agama dan budaya. Mata kuliah dasar di semester I yang diberikan adalah World Religions, Academic Study of Religion serta Theories of Religions.
  3. Saya mencari nama CRCS di formulir pendaftaran online, akan tetapi saya tidak menemukan nama CRCS. Adapun yang saya temukan adalah Program Studi Agama dan Lintas Budaya. Apakah Program Studi Agama dan Lintas Budaya merupakan institusi yang sama dengan Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS)? Ya, nama resmi CRCS dalam bahasa Indonesia adalah Program Studi Agama dan Lintas Budaya. Adapun CRCS atau Center for Religious and Cross-cultural Studies, merupakan terjemahan dari Program Studi Agama dan Lintas Budaya.
  4. Apakah boleh pemberi surat rekomendasi bukan dosen pembimbing skripsi? Ya, pemberi surat rekomendasi tidak harus pembimbing skripsi Anda. Anda dapat meminta surat rekomendasi dari dosen atau atasan Anda yang mengetahui kemampuan akademik Anda.
  5. Bagaimana caranya mendapat beasiswa Pascasarjana UGM? Untuk mengetahui persyaratan beasiswa Pascasarjana UGM, silahkan buka website www.pasca.ugm.ac.id.
  6. Jika Fakultas/Jurusan saya belum terakreditasi, apakah boleh mendaftar masuk CRCS? Maaf, Anda tidak dapat mendaftar CRCS jika fakultas/jurusan Anda belum terakreditasi.
  7. Bagaimana cara mendapatkan salinan sertifikat akreditasi dari institusi pelamar sebagaimana yang dipersyaratkan UGM? Anda dapat menghubungi fakultas atau jurusan Anda untuk mendapatkan salinan sertifikat akreditasi yang masih berlaku, atau silahkan lihat hasil akreditasi fakultas/jurusan Anda di www.dikti.go.id.
  8. Jika saya sudah membayar biaya pendaftaran sebesar RP. 500.000 di bank BNI, akan tetapi ternyata password yang muncul di slip bukti pembayaran tidak bisa digunakan untuk mendaftar online apa yang harus saya lakukan? Anda dapat menghubungi staf DAA UGM di nomor telepon (0274) 6492116 atau (0274) 6492255 untuk mendapatkan password yang baru.
  9. Jika saya berada di luar Yogyakarta, apakah bisa mengikuti tes wawancara masuk CRCS melalui Telepon/Skype? Pelamar diluar Yogyakarta dapat mengikuti tes wawancara melalui telepon atau Skype. Jika berkas pendaftaran Anda telah masuk di kantor CRCS, selanjutnya staf CRCS akan menghubungi Anda untuk koordinasi jadwal wawancara lebih lanjut.
  10. Apakah pengumuman kelulusan diumumkan di website UGM, atau diumumkan lewat surat ke alamat pelamar? Pengumuman kelulusan diumumkan lewat www.um.ugm.ac.id. Anda dapat mengakses pengumuman tersebut dengan memasukkan nomor pendaftaran online Anda.
  11. Apakah perkuliahan di CRCS diselenggarakan setiap hari? Perkuliahan di CRCS diselenggarakan dari hari Senin sampai Jum’at dari jam 08:00 – 16:00. Hari Sabtu Minggu libur.
  12. Bahasa pengantar apa yang digunakan CRCS dalam perkuliahan? Perkuliahan di CRCS menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
  13. Bolehkah menggunakan bahasa Indonesia dalam menulis tugas mingguan atau paper/tugas akhir? Tidak diperbolehkan. Anda diwajibkan menulis paper/tugas akhir menggunakan bahasa Inggris.
  14. Bolehkan menggunakan bahasa Indonesia dalam menulis thesis? Untuk thesis, Anda dapat memilih menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Jika Anda menulis thesis dalam bahasa Indonesia, Anda diharuskan menulis ringkasan thesis tersebut sebanyak 20 halaman dalam bahasa Inggris.
  15. Berapa daya tampung CRCS setiap kali pembukaan penerimaan mahasiswa baru? Daya tampung CRCS 20-25 mahasiswa per angkatan.
  16. Apakah CRCS telah terakreditasi BAN PT? Ya, CRCS telah terakreditasi BAN PT dengan nilai A. Masa berlaku akreditasi tersebut akan berakhir 14 November 2020.
  17. Pekerjaan apa saya yang bisa menerima lulusan CRCS? CRCS adalah program mulidisiplin, di mana lulusan CRCS dapat berkiprah di berbagai bidang pekerjaan. Sebagai contoh, alumni CRCS ada yang diterima bekerja sebagai dosen di universitas dibawah Kemendikbud dan Kemenag, staf di Kementerian Agama, Kementerian Luar Negeri, Kehakiman, Staf NGO, Peneliti, guru di pesantren, Pendeta/Pastor, Penyuluh Agama dan lain-lain.
  18. Di mana saya bisa mendapat informasi mengenai minat studi Ekonomi Islam? Informasi tentang Ekonomi Islam dapat diperoleh di Lantai 1, Bagian Akademik, Gedung Sekolah Pascasarjana UGM. Telepon (0274) 544975.
  19. Di mana saya bisa mendapat informasi mengenai minat studi Kajian Timur Tengah? Informasi tentang Kajian Timur Tengah dapat diperoleh di Lantai 1, Bagian Akademik, Gedung Sekolah Pascasarjana UGM. Telepon (0274) 544975.

This post is also available in: Indonesian

Leave a Reply