15 Tahun CRCS UGM

Asep Salik | CRCS | News

kuliah chaiwat
Chaiwat Satha-Anand di Nurcholis Madjid Memorial Lecture di CRCS.

Kamis, 8 oktober 2015, CRCS melangsungkan rangkaian kegiatan ulang tahunnya yang ke-15. Bertempat di ruang auditorium gedung Sekolah Pascasarjana, rangkaian acara ini diawali dengan kuliah umum “Nurcholish Madjid Memorial Lecture 2015; Understanding Islam and Politics in the Twenty-First Century”, yang menghadirkan Chaiwat Satha-Anand sebagai narasumber utama. Guru besar Ilmu Politik Universitas Thammasat, Thailand, yang juga dikenal sebagai pemikir serta aktivis nirkekerasan agama ini mempresentasikan makalahnya dengan judul The Sacred in The Mirror. Kuliah umum yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB pagi ini diawali dengan pemutaran film profil CRCS dan dilanjutkan dengan beberapa persembahan lagu dari Josskustik, grup band gabungan mahasiswa dan staf CRCS.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Dr. Zainal Abidin Baghir selaku Direktur CRCS-UGM. Dalam sambutannya, beliau memaparkan beberapa hal terkait progresivitas CRCS selama lima belas tahun ini, sejak didirikan di tahun 2000. Beliau menyampaikan laporan mengenai jumlah alumni yang telah mencapai sekitar 250 orang, tersebar di berbagai wilayah serta instansi di negeri ini, bahkan di luar negeri. Dalam kesempatan ini, beliau menginformasikan beberapa program CRCS di luar kegiatan rutin akademik kampus serta penelitian, semisal program Sekolah Pengelolaan Keragaman (SPK) yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Kuliah umum ini dihadiri oleh lebih dari seratus orang peserta yang terdiri dari alumni, tamu undangan, mahasiswa, serta perwakilan peserta dari beberapa instansi dan agama, termasuk perwakilan dari para penghayat kepercayaan atau agama-agama lokal. Acara ini dipandu oleh Dr. M. Iqbal Ahnaf sebagai moderator dan berakhir tepat pada pukul 12.00 WIB.

Rangkaian acara ulang tahun CRCS hari pertama ini dilanjutkan pada pukul 13.00–15.30 WIB dengan kegiatan “Panel Alumni”. Ada lebih dari 12 orang alumni yang mempresentasikan makalahnya di tiga ruang pertemuan yang berbeda. Rangkaian acara ulang tahun CRCS hari pertama ini ditutup dengan kegiatan gala dinner pada pukul 18.00–21.30 WIB. Bertempat di halaman gedung pascasarjana, acara makan malam ini dimeriahkan dengan suguhan musik serta penampilan lagu dan tari dari para alumni serta mahasiswa CRCS.

Hari kedua, Jum’at 9 oktober 2015, kembali digelar seminar Great Thinker pada pagi hingga siang harinya. Seminar ini mengusung pemikiran besar Prof. Mukti Ali, mantan menteri agama era 1970-an sekaligus inisiator studi perbandingan agama di Indonesia. Pembedah utama dalam seminar ini adalah Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D, rektor Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Selanjutnya, diadakan konferensi “Masa Depan Studi Agama pada siang hingga sore harinya. Tampil sebagai pembicara pada acara ini adalah Robert Hefner, Indonesianis terkemuka yang dikenal dengan bukunya: Civil Islam (2000). Selama dua hari itu, para tamu undangan dan alumni juga dapat menikmati pameran foto dan buku yang diadakan oleh panitia. Peringatan ulang tahun CRCS kelima belas ini diakhiri dengan acara temu alumni dan diskusi mengenai langkah-langkah CRCS serta alumninya ke depan.

Leave a Reply