NEWS

Short Course Metodologi Penelitian Berperspektif Gender Kemenag-CRCS

Sabtu, 9 Juni 2012 | viewed (2068)

Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI membuka kesempatan bagi dosen PTAIN, PTAIS, dan FAI pada PTU untuk mengikuti kegiatan Short Course Metodologi Penelitian Berperspektif Gender yang akan dilaksanakan selama 3 bulan dan akan dimulai pada bulan Juli s/d September  2012. Short Course akan dilaksanakan oleh PTAI/Lembaga Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS), Sekolah Pascasarjana, UGM Yogyakarta.

 

Kualifikasi Peserta

 

Umum:

  1. Dosen PerguruanTinggi Agama Islam (PTAI) dan/atau dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU) baik negeri maupun swasta, dibuktikan dengan SK atau surat Keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  2. Belum pernah mengikuti short course metodologi penelitian dengan berbagai varian yang diselenggarakan oleh Diktis Kemenag.
  3. Bersedia mengikuti short course Metodologi Penelitian selama 3 bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan menandatangani surat kesedian sebagaimana terlampir.
  4. Hanya diperbolehkan mendaftar pada satu varian short course.
  5. Berusia maksimal 45 tahun.
  6. Berpendidikan minimal sedang dalam proses S2.

 

Khusus:

  1. Diutamakan peserta dari Pusat Studi Wanita (PSW)/Pusat Studi Gender (PSG) atau lembaga-lembaga sejenis lainnya.
  2. Mengumpulkan artikel/karya ilmiah yang berkaitan dengan permasalahan gender.
  3. Mengumpulkan curriculum vitae.
  4. Menyerahkan proposal penelitian sebagaimana ketentuan di kolom E.
  5. Membawa laptop.

 

Kewajiban Peserta

 

  1. Mengikuti seluruh rangkaian kegiatan short course metodologi penelitian.
  2. Mematuhi ketentuan yang berlaku, baik yang berasal dari Kementerian Agama RI maupun yang dibuat oleh panitia penyelenggara short course.
  3. Mengembalikan seluruh biaya yang telah dikeluarkan oleh pihak panitia, apabila dikemudian hari tidak dapat mengikuti kegiatan tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

Hak Peserta

 

  1. Memperoleh layanan pendidikan dan pelatihan selama short course berlangsung.
  2. Memperoleh penggantian biaya transportasi sesuai ketentuan yang berlaku.
  3. Memperoleh bantuan living cost dan bantuan lainnya sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Ketentuan Proposal

  1. Proposal yang dikirim belum pernah digunakan atau diajukan sebagai proposal untuk penelitian pada lembaga/instansi manapun.
  2. Proposal harus otentik tulisan sendiri, bukan hasil plagiarisme karya milik orang lain baik sebagian maupun keseluruhan.
  3. Proposal disusun 8–10 halaman di luar daftar pustaka. Susunan sub pembahasan proposal yaitu pendahuluan (berisi latarbelakang), masalah penelitian (maksimal dua pertanyaan penelitian), signifikansi (memuat signifikansi praktis dan akademis), literature review (menempatkan posisi penelitian pendaftar dalam penelitian-penelitian yang sudah dilakukan, minimal memakai 10 literatur), kerangka teoretik (operasionalisasi konsep yang akan dipakai untuk menganalisis data), metode penelitian (cara yang digunakan untuk pengambilan data, termasuk rancangan jadwal pengambilan dan analisis data), organisasi penulisan, daftar pustaka.
  4. Menggunakan referensi minimal 15 karya ilmiah, baik berbahasa Indonesia, Inggris, Arab, dan bahasa lainnya.
  5. Penulisan proposal menggunakan bahasa Indonesia yang baik, dan menyertakan abstrak dalam bahasa Inggris 200 – 250 kata, disertai kata kunci (keywords) maksimal 6 kata. 

 

Penyelenggara

 

Short Course Metodologi Penelitian Sosial Keagamaan

Pelaksana                    : Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS) Sekolah Pascasarjana UGM, Yogyakarta.

Tempat Pelaksanaan     : Gedung Sekolah Pascasarjana UGM. Lantai 3. Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55281. Tlp./Fax. (0274) 54497

 

 

Teknik Registrasi

 

  1. Untuk meningkatkan kualitas layanan dan proses penjaminan mutu, sistim registrasi Short Course Metodologi Penelitian Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Tahun 2012 dirancang secara on line.
  2. Registrasi secara on line dengan mengunjungi www.ditpertais.net merupakan prasyarat bagi peserta Short Course Metodologi Penelitian Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Tahun 2012.
  3. Melalui registrasi on line pendaftar akan mendapatkan nomor registrasi (No.Reg) yang harus dicantumkan dalam Cover Proposal  yang dikirim via pos, dengan ketentuan:
  • Proposal Short Course Metodologi Penelitian Sosial Keagamaan cover warna HIJAU;
  1. Batas akhir registrasi online dan pengiriman berkas hard copy  ( 3 rangkap) tanggal 17 Juni 2012 cap pos.
  2. Tidak diadakan surat-menyurat terhadap semua proposal yang masuk, kecuali bagi proposal yang masuk nominasi akan dipanggil sebagai peserta Short Course.
  3. Hard copy proposal dikirim ke :

 

Kepada Yth,

Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama

c.q. Kasubdit Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian

Kepada Masyarakat,

Direktorat Pendidikan Tinggi Islam

Jln. Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Lantai VIII, Kamar B.807,

Jakarta Pusat Telp.: 021-3812344, Faks : 021-3853449,

Email: penelitian5@yahoo.co.id

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi www.ditpertais.net atau menghubungi Saudari Zidal Huda Nomor Hp. 087 88 5 2222 19 atau Saudara Burdadi Nomor Hp. 0811 98 64 87

 


X57H8
  • Aulia

    Jum'at, 15 Juni 2012
    Jadwalnya kenapa di waktu bulan ramadhan dan idul fitri? Apa tidak bisa diundur setelah lebaran sehingga kursus bisa lebih fokus tidak dalam waktu ibadah puasa dan hari besar. Mohon dipertimbangkan.
  • Hadi

    Jum'at, 15 Juni 2012
    Betul sekali. Kalau dimulai setelah lebaran insyaallah bisa lebih efektif mengikuti kursus (misalnya 1 September -sd selesai).
  • Nur Anim Jauhariyah

    Minggu, 17 Juni 2012
    Ingin sekali ikut short course, namun dikarenakan jadual Juli-September maka harus mencancel keinginan....karena bertepatan dengan jadual penelitian dengan Bappeda dan menjelang Ramadhan juga..... Smoga acara short coursenya sukses

OTHER NEWS