Buku Serial Tulisan Alumni Sekolah Pengelolaan Keragaman

Ketiga buku ini berisi tulisan-tulisan dari hasil penelitian para alumni Sekolah Pengelolaan Keragaman (SPK) yang diselenggarakan Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS) Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan sejumlah lembaga yang bergerak dalam ranah akademik maupun aktivisme yang perhatian pada isu pengelolaan keragaman.

Salah satu misi utama SPK adalah untuk menjembatani dunia akademik dan aktivisme, dengan salah satu capaian utama yang diharapkan ialah munculnya advokasi berbasis riset. Konsep pengelolaan keragaman intra/antaragama yang ditawarkan dalam pelatihan SPK tidak saja terbatas pada masalah-masalah hukum dan perbedaan keagamaan, tetapi juga isu keagamaan dalam hubungannya dengan masalah ketatanegaraan dan konteks sosial. Konsep yang ditawarkan dalam SPK memandang bahwa perbedaan keagamaan semata bukanlah faktor penentu dalam konflik dan bahwa, meski regulasi dan penegakan hukum dibutuhkan, pendekatan hukum perlu diperkuat oleh “rekayasa sosial” yang mendukung tumbuh-kembangnya koeksitensi.

Hasil penelitian yang ditulis para alumni SPK ini tidak hanya memberikan gambaran tentang masalah-masalah yang terkait dengan kontestasi identitas dan pengelolaan keragaman, tetapi juga membuka arena-arena baru bagi advokasi keragaman. Upaya menggali jalan-jalan baru saat ini sangat dibutuhkan karena tidak jarang upaya-upaya untuk mengatasi tantangan keragaman menemukan jalan buntu, bahkan pukulan balik. Buku serial ini berikhtiar untuk bisa memberikan kontribusi dalam pengayaan pendekatan promosi perdamaian dan toleransi di masa menguatnya politik identitas belakangan ini.

Buku pertama terbit pada 2015. Sementara buku kedua dan ketiga terbit pada 2018. Ketiga buku ini kini dapat diunduh gratis melalui tautan di bawah ini.

 

 

Unduh juga publikasi-publikasi lain CRCS, yang berupa BUKU dan LAPORAN.

0 COMMENTS

Leave a Reply