• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Tesis
  • Dinamika Orientasi Keberagamaan Orang Jawa: Epistemologi Jawa Awal Abad Ke Dua Puluh

Dinamika Orientasi Keberagamaan Orang Jawa: Epistemologi Jawa Awal Abad Ke Dua Puluh

  • Tesis
  • 31 March 2010, 00.00
  • Oleh:
  • 0

Judul: DINAMIKA ORIENTASI KEBERAGAMAAN ORANG JAWA (Epistemologi Jawa Awal Abad Ke Dua Puluh)

Penulis: Ary Budiyanto (CRCS, 2004)

Kata Kunci: Agama – Jawa; Epistemologi – Jawa

Abstrak:

 

Thesis ini membahas pemandangan penting epistemologi Jawa. Pada akhir abad sembilan belas menjelang fajar abad ke dua puluh, evaluasi epistemologis orang Jawa ditandai oleh datrangnya gelombang paham Islam reformis memasuki ortodoksi Islam lokal seiring dengan infiltrasi paham-paham sekuler (humanusme, nasionalisme, dan lain-lain) dan kekristenan. Datangnya Islam reformis dan kekristenan (yang pahamnya juga reformis) membuat epistemologis Jawa tradisional bercabang menjadi tiga arus utama: dunia di luar Islam tradisional dan Islam kraton dikenal sebagai dunia Abangan. Sedangkan dunia di dalam spectrum Kraton dikenal sebagai dunia kepriyayian. E[istemologi kraton atau kepriyayian ini sebenarnya masih bernuansa dengan epistemologis Sufi Jawa, namun di mata kaum santri reformis, priyayisme/sufi Jawa kejawen masih dianggap dalam satu kategori sebagai pandangan Kejawen.

 

Demikianlah, wacana Islam reformis, misionari kekristenan, dan paham-paham modern (seperti humanisme sekuler teosofisme dan lain-lain) membuat orang Jawa merombak kembali pemahaman mereka akan hakikat menjadi seorang Jawa. Setelah penggambaran narasi epistemologis Jawa akhir abad ke sembilan belas, berturut-turut saya akan membandingkan gerakan Samin, Sadrach, dan Rifa’i, sebagai perjuangan orang Jawa yang terinspirasi secara ‘spiritual’ demi dignitas dan identitas dalam bayang-bayang sistem kepercayaan mereka di tengah-tengah diskusi tersebut.dari sana, saya akan mencoba menangkap isu-isu problematis atas tindakan-tindakan esensialis mereka dalam mengidentifikasi dan mendefinisikan keberagamanan etnisitasnya. Singkatnya, tesis ini mencoba membuka tabir cahaya tentang konstelasi keberagamaan orang Jawa masa kini dengan menjawab teka-teki abad ke sembilan belas. Poin dari tesis ini adalah untuk menggapai sebuah pemahaman lapisan-lapisan tumbuhnya banyak gerakan-gerakan keagamaan lokal yang terjadi di abad ke dua puluh di Jawa.

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

L A B E L Seberapa penting sebuah label? Bagi makh L A B E L
Seberapa penting sebuah label? Bagi makhluk modern, label itu penting walau bukan yang paling penting. Ia menjadi jendela informasi sekaligus penanda diri. Dalam kacamata masyarakat legalis, label juga berarti penerimaan dan perlindungan. Namun, seringkali label itu disematkan oleh entitas di luar diri, terlepas ada persetujuan atau tidak. Karenanya, tak jarang label juga menjadi penghakiman. Dalam silang sengkarut semacam ini, perebutan kuasa bahasa atas label menjadi vital, terutama bagi kelompok rentan yang dimarjinalkan. Kalau kata teman yang alumni dusun Inggris , "label is rebel!"

Simak bincang @astridsyifa bersama @dedeoetomo tentang lokalitas dan ekspresi identitas gender di situs web crcs
Waktu Hampir Habis 😱 HARI INI TERAKHIR PENDAFTA Waktu Hampir Habis 😱
HARI INI TERAKHIR PENDAFTARAN MASUK CRCS UGM 🫣

Jangan sampai lewatin kesempatan terakhir ini !! 
#crcs #ugm #s2 #sekolahpascasarjanaugm
Kupas Tuntas masuk CRCS UGM (Live Recap) #crcsugm Kupas Tuntas masuk CRCS UGM
(Live Recap)

#crcsugm #pendaftarancrcsugm #sekolahpascasarjanaugm #s2 #ugm #live
Beli kerupuk di pasar baru Nih loh ada info terbar Beli kerupuk di pasar baru
Nih loh ada info terbaruuu

Penasaran gimana rasanya jadi bagian dari CRCS UGM? 🧐 Yuk, intip live streaming kita hari Senin, 30 Juni jam 15.00-17.00 WIB yang akan mengupas tuntas seputar pendaftaran, kehidupan kampus CRCS UGM dan banyak lagi!
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY