• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Tesis
  • Studi Kasus Model Dialog Antaragama di Pesantren Al Muayyad Windan, Solo

Studi Kasus Model Dialog Antaragama di Pesantren Al Muayyad Windan, Solo

  • Tesis
  • 15 June 2011, 00.00
  • Oleh:
  • 0

Judul: Studi Kasus Model Dialog Antaragama di Pesantren Al Muayyad Windan, Solo 

Penulis: Muhammad Ishom (CRCS, 2006)

Kata-kata Kunci: pesantren – dialog antaragama – perdamaian

Abtrak:


Pesantren Al Muayyad Windan (PMW) terletak di desa Windan Kelurahan Makamhaji – Kartosuro Kabupaten Sukoharjo. Pesantren ini lebih dikenal berada di Solo karena jaraknya hanya 3 km dari kota tersebut, di samping karena memang aktivitas-aktivitasnya memiliki dampak yang lebih besar terhadap situasi kota Solo dari pada kota Sukoharjo yang jaraknya 17 km dari pesantren tersebut. Pesantren ini sejak tahun 1998, atau beberapa saat setelah terjadi Kerusuhan Mei, memiliki peran penting dalam menjaga perdamaian kota Solo melalui aktivitas-aktivitas dialog antaragama. Dialog ini sangat penting karena kota Solo memiliki potensi konflik yang besar antara suku Jawa dan Cina dan ketegangan antarumat beragama antara kelompok Muslim garis keras dengan kelompok Kristen garis keras sejak tumbangnya Orde Baru pada tahun 1998. Adalah Kiai Dian Nafi’, pimpinan pesantren ini, yang menjadi salah satu tokoh penting dalam dialog antaragama di Solo dalam rangka menciptakan perdamaian bersama. Keterlibatan PMW dalam dialog antaragama menjadi sangat penting untuk menjawab stigma bahwa pesantren adalah sarang teroris.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan apa latar belakang pemikiran dialog antaragama yang dilakukan PMW; dan model-model dialog apa saja yang diterapkannya dalam berinteraksi dengan kelompok-kelompok dari agama lain. Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan teologis dengan kerangka teoritik teori theologies of religions sebagaimana dikemukakan oleh Paul F. Knitter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi terhadap dokumen PMW yang berkaitan dengan aktivitas-aktivitas dialog antaragama, studi kepustakaan terhadap fiqih lintasagama, wawancara terhadap Kiai Dian Nafi, santri-santri, dan tokoh-tokoh lintas agama baik yang terlibat dalam dialog antaragama maupun tidak. Juga diwawancarai tokoh-tokoh Muslim lain dari Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo, dan MUI Solo.

 

Hasil penelitian ini adalah: pertama, latar belakang pemikiran dialog antaragama yang dilakukan PMW adalah (1) alasan teologis, yakni: Quran, 29:46, 3:84 dan 49:13, (2) alasan sosiologis, yakni: pluralsime agama, kebutuhan untuk saling berkomunikasi dan saling pengertian, dan (3) alasan pribadi, yakni komitmen pribadi Kiai Dian Nafi untuk memiliki sikap toleransi aktif dan tanggung jawab kepada umat agama lain. Kedua, model-model dialog antaragama yang diterapkan PMW adalah (1) replacement model, (2) fulfillment model, (3) mutuality model, dan (4) acceptance model. Kedua, penelitian ini membuktikan bahwa model-model dialog antaragama dengan perspektif Kristen sebagaimana dikemukakan Paul F. Knitter dapat juga digunakan untuk menganalisis sikap orang-orang Islam terhadap agama lain, terutama agama Kristen.

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

L A B E L Seberapa penting sebuah label? Bagi makh L A B E L
Seberapa penting sebuah label? Bagi makhluk modern, label itu penting walau bukan yang paling penting. Ia menjadi jendela informasi sekaligus penanda diri. Dalam kacamata masyarakat legalis, label juga berarti penerimaan dan perlindungan. Namun, seringkali label itu disematkan oleh entitas di luar diri, terlepas ada persetujuan atau tidak. Karenanya, tak jarang label juga menjadi penghakiman. Dalam silang sengkarut semacam ini, perebutan kuasa bahasa atas label menjadi vital, terutama bagi kelompok rentan yang dimarjinalkan. Kalau kata teman yang alumni dusun Inggris , "label is rebel!"

Simak bincang @astridsyifa bersama @dedeoetomo tentang lokalitas dan ekspresi identitas gender di situs web crcs
Waktu Hampir Habis 😱 HARI INI TERAKHIR PENDAFTA Waktu Hampir Habis 😱
HARI INI TERAKHIR PENDAFTARAN MASUK CRCS UGM 🫣

Jangan sampai lewatin kesempatan terakhir ini !! 
#crcs #ugm #s2 #sekolahpascasarjanaugm
Kupas Tuntas masuk CRCS UGM (Live Recap) #crcsugm Kupas Tuntas masuk CRCS UGM
(Live Recap)

#crcsugm #pendaftarancrcsugm #sekolahpascasarjanaugm #s2 #ugm #live
Beli kerupuk di pasar baru Nih loh ada info terbar Beli kerupuk di pasar baru
Nih loh ada info terbaruuu

Penasaran gimana rasanya jadi bagian dari CRCS UGM? 🧐 Yuk, intip live streaming kita hari Senin, 30 Juni jam 15.00-17.00 WIB yang akan mengupas tuntas seputar pendaftaran, kehidupan kampus CRCS UGM dan banyak lagi!
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY