• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Articles
  • Mengkaji Agama-agama secara Interreligius

Mengkaji Agama-agama secara Interreligius

  • Articles, Headline, News
  • 18 September 2017, 12.20
  • Oleh:
  • 0

Afifur Rochman Sya’rani | CRCS | Jurnal Kelas

Terdapat berbagai cara untuk mempelajari agama-agama, masing-masing dengan tujuan dan kelebihannya tersendiri. Bila mengikuti klasifikasi Achmad Munjid, model studi agama(-agama) dapat dibagi menjadi tiga dilihat dari caranya.
Pertama, model monoreligius, yakni model studi agama yang hanya mempelajari satu agama yang dianut. Kedua, model multireligius, yakni model studi agama yang tidak hanya mempelajari satu agama yang dianut, tetapi juga agama lain. Ketiga, model interreligius, yakni model studi agama yang menekankan pada adanya “dialog” dalam mempelajari agama-agama.
Dalam pandangan Munjid, tiga model studi agama tersebut bukan berarti yang satu lebih unggul daripada yang lain, sebab selain mempunyai tujuan yang berbeda, penerapan tiga model tersebut mempunyai konteks yang berbeda. Model monoreligius misalnya sangat efektif diterapkan di pesantren, seminari, dan semacamnya, karena bertujuan untuk mendalami agama yang dianut.
Dua model yang lain, yaitu model multireligius dan interreligius, sekilas tampak sama, namun memiliki perbedaan esensial. Kata kunci yang membedakan antara keduanya ialah adanya dialog. Model multireligius hanya memperkenalkan perbedaan masing-masing agama. Lebih dari itu, menurut Munjid, studi agama-agama model interreligius menuntut kesediaan seseorang untuk membuka diri dan menghargai pandangan agama lain, dengan cara mendialogkan perspektif agama yang dipelajari dengan perspektif agama yang dianut secara bergantian. Dalam proses dialog tersebut, masing-masing agama akan dikaji melalui proses dialektis “melihat” dan “dilihat”, “berbicara” dan “mendengar”, “internalisasi” dan “klarifikasi”, secara bergantian.
Studi agama model interreligius dapat mengurangi stigma atau pandangan negatif terhadap agama lain. Dalam model ini, seseorang harus mempertimbangkan perspektif agama yang sedang dipelajari tidak dengan pandangan agamanya sendiri. Stigma atau pandangan negatif terhadap agama lain terjadi karena ketidaktahuan terhadap titik berangkat perspektif yang berbeda dari masing-masing agama dan ketika seseorang mengukur keberagamaan orang lain melalui perspektif agamanya sendiri.
Misalnya, ketika seorang Muslim melihat ritual agama Hindu, ia lalu menilai bahwa pemeluk agama Hindu menyembah “patung” Siwa, Wisnu, Brahma, dan lain-lain. Prasangka semacam ini dapat muncul karena ia memahami agama Hindu melalui “perspektif Islam”: Tuhan berbeda dengan apapun dan tidak boleh atau tidak bisa dilukiskan dalam bentuk patung. Namun, berbeda halnya jika ia memahami cara beribadah agama Hindu melalui perspekti agama Hindu sendiri.
Diana L. Eck, dalam bukunya Darśan: Seeing the Divine Image in India, menjelaskan bagaimana umat Hindu India memaknai cara beribadah mereka. Dalam perspektif Hindu, objek patung atau gambar hanyalah media dalam ritual mereka dan bukan objek sesembahan itu sendiri. Dalam berkomunikasi dengan Tuhan, umat Hindu berkeyakinan bahwa mereka harus “melihat” dan “dilihat” oleh Tuhan yang disimbolkan dalam bentuk objek suci (sacred object). Umat Hindu India menyebut ritual ini dengan “darśan”. Bagi mereka, melihat (seeing) mempunyai makna religius yang mendalam. Dengan melihat, mereka dapat merasakan kehadiran Tuhan dalam kesadaran (consciousness). Melihat juga bukan sekadar visualisasi pasif melainkan aktif, sebab melihat membutuhkan konsentrasi penuh untuk bisa seakan-akan “menggapai” dan “menyentuh”-Nya.
Bukan esensialisme agama
Studi agama model interreligius tidak bertujuan untuk mencari persamaan esensial dari semua agama, yang berujung pada kesimpulan bahwa “semua agama itu pada intinya sama”, baik sama-sama mengajarkan kebaikan maupun sama-sama memiliki satu konsep tertentu mengenai “Tuhan” betapapun teologinya bisa jadi berbeda-beda. Pandangan semacam itu dikemukakan oleh kalangan esensialis. Huston Smith, misalnya, dalam bukunya The World’s Religions, mengatakan bahwa semua agama menuju satu tujuan yang sama, yaitu Tuhan. Ia mengibaratkatkan “kesatuan esensial agama-agama dunia” dengan gunung: meskipun berangkat dari sisi yang berbeda, umat beragama menuju satu puncak yang sama.
Pandangan esensialisme ini dikritik oleh Stephen Prothero dalam bukunya God is Not One (2010). Menurutnya, meskipun memiliki tujuan yang baik, yakni untuk menjembatani dialog guna meredam konflik antarumat beragama, pandangan esensialis terhadap agama ini justru menghindarkan seseorang dari memahami keunikan tiap agama dan, lebih buruk dari itu, kadang membuat satu agama tertentu diteropong melalui konstruksi teologis agama lain yang lebih besar atau mendominasi. Prothero menyebut pandangan esensialis semacam ini dengan “pretend pluralism”, pandangan yang justru menutup mata terhadap partikularitas setiap agama.
Menurut Prothero, kita harus mula-mula memahami agama-agama dari perspektif masing-masing agama itu sendiri. Dalam nada yang retoris, Prothero mempertanyakan: Jika benar bahwa semua agama menuju satu puncak yang sama, bagaimana dengan agama-agama yang tidak mengenal konsep tentang Tuhan, seperti Buddhisme, Taoisme dan Konfusianisme? Bagi Prothero, sikap toleran antarumat beragama meniscayakan pada dirinya akan adanya perbedaan, sebab jika semua agama sama, manakah yang harus ditoleransi?
Mengkaji agama-agama secara interreligius berarti bersedia untuk tidak menggunakan kacamata dari agama sendiri dalam menilai agama lain. Ini bukan untuk merelatifkan agama, apalagi untuk mendangkalkan iman, melainkan untuk membuat agama-agama yang dipelajari berbicara melalui perspektifnya sendiri, sebab satu hal dasar yang pertama-tama harus disadari setiap pengkaji agama ialah bahwa agama-agama mempunyai keunikan dan partikularitasnya masing-masing.
*Afifur Rochman Sya’rani adalah mahasiswa CRCS angkatan 2017.

Tags: god is not one interreligius Pluralisme Studi Agama

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

For people who learn religious studies, it is comm For people who learn religious studies, it is common to say that "religion", as a concept and category, is Western modern invention. It is European origin, exported globally through colonialism and Christian mission. Despite its noble intention to decolonize modern social categories, it suffers from historical inaccuracy. Precolonial Islamic Malay and Javanese texts in the 16th and 17th century reflect a strong sense of reified religion, one whose meaning closely resembles the modern concept.

Come and join @wednesdayforum discussion at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
I N S P I R A S I Secara satir, penyandang disabil I N S P I R A S I
Secara satir, penyandang disabilitas baru mendapatkan sorotan ketika dia mampu berprestasi, mampu mengatasi segala rintangan dan kekurangan. Singkat kata, penyandang disabilitas kemudian menjadi sumber inspirasi bagi nondisabilitas. Budi Irawanto menyebutnya sebagai "inspirational porn". Simak ulasan lengkapnya di situs web crcs ugm.
Human are the creature who live between the mounta Human are the creature who live between the mountain and the sea. Yet, human are not the only one who live between the mountain and the sea. Human are the one who lives by absorbing what above and beneath the mountain and the sea. Yet, human are the same creature who disrupt and destroy the mountain, the sea, and everything between. Not all human, but always human. By exploring what/who/why/and how the life between the mountain and the sea is changing, we learn to collaborate and work together, human and non-human, for future generation—no matter what you belief, your cultural background.

Come and join @wednesdayforum with Arahmaiani at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
R A G A Ada beberapa definisi menarik tentang raga R A G A
Ada beberapa definisi menarik tentang raga di KBBI. Raga tidak hanya berarti tubuh seperti yang biasa kita pahami dalam olah raga dan jiwa raga. Raga juga dapat berarti keranjang buah dari rotan, bola sepak takraw, atau dalam bahasa Dayak raga berarti satuan potongan daging yang agak besar. Kesemua  pengertian itu menyiratkan raga sebagai upaya aktif berdaya cipta yang melibatkan alam. Nyatanya memang keberadaan dan keberlangsungan raga itu tak bisa lepas dari alam. Bagi masyarakat Dondong, Gunungkidul, raga mereka mengada dan bergantung pada keberadaan telaga. Sebaliknya, keberlangsungan telaga membutuhkan juga campur tangan raga warga. 

Simak pandangan batin @yohanes_leo27  dalam festival telaga Gunungkidul di web crcs ugm
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju