• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Tesis
  • Sikap dan Pemahaman Keberagamaan Tokoh-Tokoh Agama terhadap Aktivitas Bantuan Sosial Kemanusiaan dari Institusi Keagamaan

Sikap dan Pemahaman Keberagamaan Tokoh-Tokoh Agama terhadap Aktivitas Bantuan Sosial Kemanusiaan dari Institusi Keagamaan

  • Tesis
  • 6 April 2010, 00.00
  • Oleh:
  • 0

Judul: SIKAP DAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAAN TOKOH-TOKOH AGAMA TERHADAP AKTIVITAS BANTUAN SOSIAL KEMANUSIAAN DARI INSTITUSI KEAGAMAAN (Studi Kasus Di Kabupaten Gunungkidul, Propinsi D.I. Yogyakarta)

Penulis: Amin Ma’ruf (CRCS, 2007)

Kata kunci: sikap keberagamaan, pemahaman keberagamaan, potensi konflik.

Abstrak:

 

Penulisan tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya realitas di dalam masyarakat Gunungkidul terkait dengan berbagai aktifitas bantuan kemanusiaan dari lembaga-lembaga keagamaan. Aktifitas-aktifitas bantuan tersebut tidaklah selalu menerima respon positif. Isu yang mengemuka adalah isu penyebaran agama, khususnya penyebaran agama Kristen/Katolik atau istilah populernya ‘Kristenisasi’. Isu tersebut mempengaruhi kondisi hubungan antar agama di sana. Di sini, peran otoritas keagamaan, yaitu tokoh-tokoh lokal agama menjadi begitu penting dalam hubungan antar agama. Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi konflik dalam kehidupan keberagamaan di Gunungkidul, yaitu dengan mengeksplorasi sikap dan pemahaman keberagamaan para tokoh agama sebagai respon terhadap aktifitas bantuan sosial kemanusiaan yang dilakukan oleh institusi-institusi keagamaan yang berbeda.


Wilayah penelitian ini adalah lembaga-lembaga keagamaan yang berada di Gunungkidul, yang telah lama eksis dalam masyarakat, dan punya pengaruh signifikan terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan dalam pengumpulan data menggunakan metode pengamatan/observasi lapangan serta metode wawancara tatap muka/wawancara mendalam (indepth interview). Adapun proses analisis data menggunakan pentahapan Miles dan Huberman, yaitu mereduksi data, memaparkan bahan empirik, dan menarik kesimpulan serta memverifikasikan.


Penelitian ini berhasil mengungkap sikap dan pemahaman keberagamaan para tokoh yang merefleksikan potensi konflik. Sikap mereka terhadap aktifitas bantuan dari lembaga keagamaan lain terbagi menjadi tiga sikap, yaitu: sikap menerima atau membolehkan, sikap menerima atau membolehkan tapi dengan prasyarat tertentu, sikap menolak. Sikap-sikap tersebut mempunyai korelasi dengan pemahaman tokoh menyangkut teologi, sejarah perjumpaan agama-agama baik konteks dunia, Indonesia maupun lokal serta situasi kontemporer. Adanya motivasi dan aspek kognitif yang berbeda-beda dari para tokoh mengakibatkan suatu sikap belum tentu dilatarbelakangi oleh pemahaman yang sama, bahkan berbeda. Aspek kognitif yang mempengaruhi pemahaman dan sikap para tokoh adalah pengalaman interaksi dengan pemeluk agama lain, latar pendidikan agama, dan asal kelahiran. Bertolak dari hal tersebut dapat diketahui bahwa situasi keberagamaan di sana berpotensi konflik yang besar jika melihat dinamika masyarakat yang cepat. Kondisi hubungan agama-agama di sana masih terbebani warisan sejarah konflik, adanya paradigma mayoritas-minoritas yang memungkinkan kompetisi antar agama, dan dominasi pemerintah dalam kehidupan keberagamaan.

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

R A G A Ada beberapa definisi menarik tentang raga R A G A
Ada beberapa definisi menarik tentang raga di KBBI. Raga tidak hanya berarti tubuh seperti yang biasa kita pahami dalam olah raga dan jiwa raga. Raga juga dapat berarti keranjang buah dari rotan, bola sepak takraw, atau dalam bahasa Dayak raga berarti satuan potongan daging yang agak besar. Kesemua  pengertian itu menyiratkan raga sebagai upaya aktif berdaya cipta yang melibatkan alam. Nyatanya memang keberadaan dan keberlangsungan raga itu tak bisa lepas dari alam. Bagi masyarakat Dondong, Gunungkidul, raga mereka mengada dan bergantung pada keberadaan telaga. Sebaliknya, keberlangsungan telaga membutuhkan juga campur tangan raga warga. 

Simak pandangan batin @yohanes_leo27  dalam festival telaga Gunungkidul di web crcs ugm
K O S M O P O L I S Kosmo bermakna semesta, sement K O S M O P O L I S
Kosmo bermakna semesta, sementara polis itu mengacu pada kota yang seupil. Sungguh istilah oksimoron dengan daya khayal maksimal. Namun, nyatanya, yang kosmopolis itu sudah hadir sejak dulu dan Nusantara adalah salah satu persimpangan kosmopolis paling ramai sejagad. Salah satu jejaknya ialah keberadaan Makco di tanah air. Ia bukan sekadar dewa samudra, melainkan kakak perempuan yang mengayomi saudara-saudara jauhnya. Tak heran, ketika sang kakak berpesta, saudara-saudara jauh itu ikut melebur dan berdendang dalam irama kosmopolis. Seperti di Lasem beberapa waktu silam, Yalal Wathon dinyanyikan secara koor oleh masyarakat keturunan tionghoa dan para santri dengan iringan musik barongsai. Klop!

Simak ulasan @seratrefan tentang makco di situs web crcs!
At first glance, religious conversion seems like a At first glance, religious conversion seems like a one-way process: a person converts to a new religion, leaving his old religion. In fact, what changes is not only the person, but also the religion itself. The wider the spread of religion from its place of origin, the more diverse the face of religion becomes. In fact, it often gives birth to variants of local religious expressions or even "new" religions. On the other hand, the Puritan movement emerged that wanted to curb and eradicate this phenomenon. But everywhere there has been a reflux, when people became disaffected with Puritan preachers and tried to return to what they believed their religion was before.

Come and join the #wednesdayforum discussion  at the UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
D H A R M A Dunia ini adalah tempat kita tinggal, D H A R M A
Dunia ini adalah tempat kita tinggal, tempat kita berbagi, dan tempat semua makhluk berada. Sabbe satta bhavantu sukhitatta, semoga semua makhluk hidup berbahagia. Sadhu, sadhu, sadhu
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju