• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Tesis
  • Teologi Pembebasan dalam Penafsiran Al Qur'an

Teologi Pembebasan dalam Penafsiran Al Qur'an

  • Tesis
  • 20 May 2010, 00.00
  • Oleh:
  • 0

 

Judul: Teologi Pembebasan dalam Penafsiran Al Qur’an (Perspektif Farid Esack tentang  Kerjasama Antar Agama Melawan Ketidakadilan)

 

Penulis: Erik Sabti Rahmawati (CRCS 2006)

 

Kata-kata kunci: Teologi pembebasan, penafsiran al-Qur’an, Kerjasama antaragama.

 

Abstrak:


Penelitian ini berusaha menjawab tiga persoalan berkaitan dengan ide-ide Farid Esack, (1) bagaimana Farid Esack mengaplikasikan prinsip-prinsip liberation theology dalam upaya menafsirkan al-Qur’an? (2) bagaimana pandangan Esack tentang pluralisme agama dan kerjasama antar umat beragama? (3) mengapa Esack mengumandangkan pendapatnya tentang pluralisme agama dan kerjasama antar umat beragama dalam al-Qur’an?

 

Pendekatan dan metode yang digunakan adalah historis dan hermeneutika. Kajian historis digunakan untuk mengkaitkan pandangan Esack dengan sisi sejarah yang mengitari kehidupannya, sebagai causal explanation atau semangat zaman yang melatarbelakangi munculnya gagasan tersebut, sedang kajian hermeneutika dipakai untuk menangkap dan memahami gagasan-gagasan Esack yang tertuang dalam karya-karyanya.

 

Berdasarkan penelitian ditemukan hasil sebagai berikut. Pertama, hermeneutika Esack yang dibangun berdasarkan konteks Afrika Selatan juga merujuk prinsip-prinsip dan hermeneutics circle yang diajukan oleh liberation theology. Karena itu, Esack mengajukan kunci-kunci penafsiran yang khas Afrika Selatan, meliputi, taqwa, tauhid, nâs, mustadl`afin, `adl dan qist, dan jihad. Kedua, bahwa konsep pluralisme agama dalam gagasan Esack bukan sekadar berdasarkan alasan sosiologis atau praksis, melainkan teologis. Bagi Esack, al-Qur’an tidak hanya menunjukkan kebenaran yang dibawanya tetapi juga menghargai dan mengakui kebenaran pada agama lain, jadi tidak ada halangan bagi orang Islam untuk melakukan hubungan dan kerjasama dengan fihak-fihak non-muslim, dan kerjasama tersebut bukan sekadar alasan kemanusiaan tetapi benar-benar berlandaskan teologi keagamaan dan kesetaraan.

 

Ketiga, faktor penyebab (causal explanation) yang menuntut Esack untuk mengumandangkan gagasannya adalah semangat zaman yang berpengaruh dalam kehidupan Esack, pertama; zaman ‘konvergensi atau oikumenisme agama’ (pertemuan agama-agama), kedua, dipengaruhi dan dibangun atas dasar kepentingan pembebasan masyarakat di Afrika Selatan dari penindasan yang dilakukan rezim apartheid, karena tafsiran-tafsiran klasik yang lebih bersifat eksklusif dalam kasus Afrika Selatan, justru melanggengkan sistem penindasan yang dilakukan apartheid.

 

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

R A G A Ada beberapa definisi menarik tentang raga R A G A
Ada beberapa definisi menarik tentang raga di KBBI. Raga tidak hanya berarti tubuh seperti yang biasa kita pahami dalam olah raga dan jiwa raga. Raga juga dapat berarti keranjang buah dari rotan, bola sepak takraw, atau dalam bahasa Dayak raga berarti satuan potongan daging yang agak besar. Kesemua  pengertian itu menyiratkan raga sebagai upaya aktif berdaya cipta yang melibatkan alam. Nyatanya memang keberadaan dan keberlangsungan raga itu tak bisa lepas dari alam. Bagi masyarakat Dondong, Gunungkidul, raga mereka mengada dan bergantung pada keberadaan telaga. Sebaliknya, keberlangsungan telaga membutuhkan juga campur tangan raga warga. 

Simak pandangan batin @yohanes_leo27  dalam festival telaga Gunungkidul di web crcs ugm
K O S M O P O L I S Kosmo bermakna semesta, sement K O S M O P O L I S
Kosmo bermakna semesta, sementara polis itu mengacu pada kota yang seupil. Sungguh istilah oksimoron dengan daya khayal maksimal. Namun, nyatanya, yang kosmopolis itu sudah hadir sejak dulu dan Nusantara adalah salah satu persimpangan kosmopolis paling ramai sejagad. Salah satu jejaknya ialah keberadaan Makco di tanah air. Ia bukan sekadar dewa samudra, melainkan kakak perempuan yang mengayomi saudara-saudara jauhnya. Tak heran, ketika sang kakak berpesta, saudara-saudara jauh itu ikut melebur dan berdendang dalam irama kosmopolis. Seperti di Lasem beberapa waktu silam, Yalal Wathon dinyanyikan secara koor oleh masyarakat keturunan tionghoa dan para santri dengan iringan musik barongsai. Klop!

Simak ulasan @seratrefan tentang makco di situs web crcs!
At first glance, religious conversion seems like a At first glance, religious conversion seems like a one-way process: a person converts to a new religion, leaving his old religion. In fact, what changes is not only the person, but also the religion itself. The wider the spread of religion from its place of origin, the more diverse the face of religion becomes. In fact, it often gives birth to variants of local religious expressions or even "new" religions. On the other hand, the Puritan movement emerged that wanted to curb and eradicate this phenomenon. But everywhere there has been a reflux, when people became disaffected with Puritan preachers and tried to return to what they believed their religion was before.

Come and join the #wednesdayforum discussion  at the UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
D H A R M A Dunia ini adalah tempat kita tinggal, D H A R M A
Dunia ini adalah tempat kita tinggal, tempat kita berbagi, dan tempat semua makhluk berada. Sabbe satta bhavantu sukhitatta, semoga semua makhluk hidup berbahagia. Sadhu, sadhu, sadhu
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju