• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Event report
  • Haruskah Menjadi Indigenous?

Haruskah Menjadi Indigenous?

  • Event report, Laporan
  • 23 October 2023, 08.23
  • Oleh: crcs ugm
  • 0

Haruskah Menjadi Indigenous?

Rezza P. Setiawan – 19 Oktober 2023

“Apa itu indigenous?”

Respon singkat itu meluncur dari Prof. Frans Wijsen selepas menonton film The Indigenous (2023) produksi Watchdoc. Penonton di ruang audio visual Museum Benteng Vredeburg, tempat pemutaran dan bincang film (03/08), seketika senyap. Wijsen sedang mempertanyakan kembali argumen utama yang ditawarkan oleh film. The Indigenous menunjukkan bagaimana komunitas-komunitas yang selama ini dianggap terbelakang dan dipinggirkan oleh dunia modern itu justru memiliki daya tahan lebih ketika menghadapi pandemi yang berdampak global. Namun, premis film ini disanggah. Apa benar orang-orang komunitas Dayak Iban dan Dayeuh Luhur itu bertahan dari pandemi oleh karena nilai tradisi leluhur yang mereka bawa? Bukankah itu semua hanya karena mereka memang hidup dalam ruangan yang lebih luas? 

Wijsen tengah merujuk pada rumah panjang Dayak Iban dengan ruang terbuka luas yang muncul di film. Kondisi tersebut jauh berbeda dari ruang hidup di kota yang lebih padat penduduk. Ia berpendapat bahwa yang menjadi sumber daya tahan ialah ruang yang lapang itu, bukan nilai-nilai atau tradisi leluhur yang disampaikan sepanjang film. Ruangan langsung menghangat oleh tanggapan kritis profesor emeritus dari Radboud University tersebut.

Dengan demikian, menurutnya, sebuah komunitas tidak harus menjadi seperti masyarakat adat untuk dapat bertahan menghadapi pandemi. Resiliensi seperti itu juga dapat ditemukan dalam cara hidup modern dan sudut pandang ilmu medis—dua hal yang dalam film dihadapkan dengan tradisi leluhur. Diskusi pun semakin panas.

Ia menambahkan, berdasarkan observasi dan pengalamannya berinteraksi dengan masyarakat adat, cara hidup komunitas adat itu sebenarnya tidak selalu ramah lingkungan. Kelompok pendukung hak-hak hewan akan melihat bahwa pengorbanan ayam atau hewan lain untuk ritual adat itu sebenarnya juga melanggar hak-hak hewan sebagai makhluk hidup. Karenanya, menurut Wijsen, penting untuk menanggapi secara kritis hal-hal apa yang diklaim sebagai “luhur” dalam tradisi adat leluhur. Api diskusi kian membara.

Merespons pernyataan tersebut, Atika Manggala, narasumber dari Paguyuban Ngesti Kasampurnan, bercerita pengalaman dirinya dan keluarga mengorbankan seekor ayam untuk menggali sumur. Pengalaman ini seolah membenarkan adanya semacam “kekerasan” dalam cara hidup sehari-hari penghayat dan komunitas adat. Akan tetapi, berbeda dengan klaim kekerasan yang dilontarkan oleh Wijsen, Atika melihat pengorbanan tersebut sebagai sebuah pemberian dari dan kepada alam. Ritual penyembelihan tersebut merupakan wujud rasa syukur terhadap alam yang memberikan sumber air yang menjadi berkat bukan hanya bagi ia dan keluarganya, melainkan juga makhluk-makhluk sekitarnya. 

Lantas, benarkah cara hidup leluhur tidak ramah lingkungan?

Melihat Masyarakat Adat secara Holistik

Dr. Samsul Maarif, yang menjadi peneliti sekaligus aktor utama di film tersebut, menjelaskan bahwa pemahaman tentang masyarakat adat atau “the indigenous” tidak dapat dipersempit dalam satu pemaknaan yang bersifat esensialis. Pemahaman terhadap masyarakat adat selalu terkait dengan cara hidup, pandangan dunia, maupun unsur-unsur yang membersamainya seperti tanah adat, hutan, dan sungai.  Yang tak boleh dilupakan, sikap masyarakat adat tersebut juga terbentuk dari marginalisasi ekstrem oleh modernisasi, urbanisasi, dan eksploitasi sumber daya alam. “Bahkan, institusi pendidikan seperti kampus juga seringkali menjadi tempat yang menggeser nilai-nilai tradisi akibat ketundukan buta pada sains modern,” jelas doktor yang akrab dipanggil Anchu ini.

Tanggapan Anchu itu diamini oleh Atika. Menurutnya, salah satu tantangan terbesar dalam menjalani cara hidup  sebagai penghayat di kota ialah norma-norma sosial dan regulasi pemerintah. Atika merujuk pada pengalamannya ketika hendak mengadakan tradisi wiwitan, ritual untuk memulai masa panen, saat pandemi. Melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pemerintah mengharuskan segala kegiatan sosial di ruang publik berhenti. Padahal, menurut pandangan penghayat, tradisi wiwitan ini merupakan bagian penting untuk tetap berdaya tahan di saat pandemi. Atika percaya bahwa hubungan yang baik dengan alam akan selalu membuahkan kebaikan bagi manusia. Tradisi wiwitan merupakan upaya untuk membangun kembali relasi dengan alam. 

Anchu juga mengingatkan, konteks keberadaan masyarakat adat hari ini merupakan hasil dari sejarah penindasan yang panjang dan masih terjadi. Dengan demikian, hal-hal terkait keramahan terhadap lingkungan tidak dapat secara praktis dan ideal diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Relasi yang bersahabat dengan alam itu tersimpan dan diwariskan dalam memori masyarakat adat melalui ritual dan tradisi oral. Menurut hematnya, tuduhan pengorbanan yang tidak ramah lingkungan itu sebenarnya tidak sebanding dengan cara pabrik modern mengolah ayam, sapi, dan hewan ternak lainnya secara masif dan kejam. Karenanya, pemahaman tentang cara hidup komunitas adat tidak bisa disempitkan hanya pada satu bagian, seperti hanya pada perihal ruang terbuka dan lapang. Cara hidup komunitas adat yang ditampilkan dalam film adalah sebuah kesatuan. Pengetahuan dan pengaturan ruang dalam rumah panjang tersebut berakar pada tradisi leluhur. Tradisi yang sama itu juga menuntun setiap aspek lainnya dalam hidup komunitas adat seperti makanan, minuman, dan segenap ritualnya. Selaras dengan ungkapan yang dilontarkan oleh Atika dalam diskusi, “Ngelmu iku kelakone nganti laku.” Ilmu itu dipahami dengan mengamalkannya secara paripurna. Dalam konteks ini, paripurna juga bisa berarti pengetahuan dan pemahaman yang holistik. 

Tentang hidup bersama

Jelang akhir diskusi, para narasumber menegaskan bahwa perbedaan pandangan mereka bukan untuk menunjukkan permusuhan, melainkan untuk mengasah daya pikir bersama. Pertanyaan-pertanyaan kritis Wijsen merepresentasikan titik-titik keraguan masyarakat modern akan cara pikir masyarakat adat yang dinilai sangat konservatif. Berbagai pertanyaan tersebut mengajak kita untuk betul-betul menilik kembali pandangan terhadap nilai-nilai luhur dari tradisi lokal masing-masing. Penjelasan Anchu dan pengalaman Atika sebagai penghayat menegaskan kesatuan tak terpisahkan antara kehidupan manusia dan alam. Daya tahan yang dimiliki oleh komunitas Dayeuh Luhur, Dayak Iban, dan keluarga Atika Manggala dalam menghadapi pandemi menunjukkan bahwa kehidupan yang dipandu oleh tradisi leluhur mampu hidup langgeng bersama alam dalam berbagai situasi. Maka, resiliensi bukanlah tentang keharusan menjadi indigenous, melainkan tentang bagaimana kita hidup berkawan dengan alam.

______________________

Rezza Prasetyo Setiawan adalah mahasiswa Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS), Sekolah Pascasarjana UGM, angkatan 2022. Baca tulisan Rezza lainnya di sini.

Tags: Ekologi indigenous rezza prasetyo setiawan

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

For people who learn religious studies, it is comm For people who learn religious studies, it is common to say that "religion", as a concept and category, is Western modern invention. It is European origin, exported globally through colonialism and Christian mission. Despite its noble intention to decolonize modern social categories, it suffers from historical inaccuracy. Precolonial Islamic Malay and Javanese texts in the 16th and 17th century reflect a strong sense of reified religion, one whose meaning closely resembles the modern concept.

Come and join @wednesdayforum discussion at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
I N S P I R A S I Secara satir, penyandang disabil I N S P I R A S I
Secara satir, penyandang disabilitas baru mendapatkan sorotan ketika dia mampu berprestasi, mampu mengatasi segala rintangan dan kekurangan. Singkat kata, penyandang disabilitas kemudian menjadi sumber inspirasi bagi nondisabilitas. Budi Irawanto menyebutnya sebagai "inspirational porn". Simak ulasan lengkapnya di situs web crcs ugm.
Human are the creature who live between the mounta Human are the creature who live between the mountain and the sea. Yet, human are not the only one who live between the mountain and the sea. Human are the one who lives by absorbing what above and beneath the mountain and the sea. Yet, human are the same creature who disrupt and destroy the mountain, the sea, and everything between. Not all human, but always human. By exploring what/who/why/and how the life between the mountain and the sea is changing, we learn to collaborate and work together, human and non-human, for future generation—no matter what you belief, your cultural background.

Come and join @wednesdayforum with Arahmaiani at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
R A G A Ada beberapa definisi menarik tentang raga R A G A
Ada beberapa definisi menarik tentang raga di KBBI. Raga tidak hanya berarti tubuh seperti yang biasa kita pahami dalam olah raga dan jiwa raga. Raga juga dapat berarti keranjang buah dari rotan, bola sepak takraw, atau dalam bahasa Dayak raga berarti satuan potongan daging yang agak besar. Kesemua  pengertian itu menyiratkan raga sebagai upaya aktif berdaya cipta yang melibatkan alam. Nyatanya memang keberadaan dan keberlangsungan raga itu tak bisa lepas dari alam. Bagi masyarakat Dondong, Gunungkidul, raga mereka mengada dan bergantung pada keberadaan telaga. Sebaliknya, keberlangsungan telaga membutuhkan juga campur tangan raga warga. 

Simak pandangan batin @yohanes_leo27  dalam festival telaga Gunungkidul di web crcs ugm
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju