• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Riset
  • Agama: Solusi atau Sumber Masalah Kesehatan Mental?

Agama: Solusi atau Sumber Masalah Kesehatan Mental?

  • Riset
  • 14 December 2024, 15.33
  • Oleh: crcs ugm
  • 0

Agama: Solusi atau Sumber Masalah Kesehatan Mental?

Anisa Eka Putri Kusmayani – 13 Desember 2024

Emang ya agama bisa jadi salah satu alasan orang jadi sehat mental, tapi ga jadi satu-satunya faktor orang itu yang sehat mental (Zuri, konselor Into the Light)

Banyak riset menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas, semakin rendah  tingkat  depresi (Heo dan Koeske, 2009; Koenig, McCullough, dan Larson, 2001; George, 2002). Hal ini sejalan dengan temuan ilmuwan lain (Campante dan Yanagizawa-Drott, 2013; Elliot dan Hayward, 2009) yang menunjukkan kaitan antara religiusitas dan kompetensi dalam  mekanisme koping ketika dalam situasi sulit, termasuk saat menderita penyakit yang tidak dapat ada obatnya (terminal illness). Namun, agama tak selalu menjadi pendorong sehat mental, malah kerap menjadi penyebab gejala masalah mental (Pargament dan Lomax, 2013).

Beranjak dari dilema tersebut, tim riset CRCS UGM mempelajari perspektif para tokoh agama dan praktisi kesehatan mental (mental health service providers) tentang penyebab dan penanganan masalah kesehatan mental di Indonesia. Hasil riset tersebut dapat menjadi pijakan untuk mengeksplorasi pola-pola integrasi pendekatan keagamaan atau spiritualitas dan pendekatan praktisi kesehatan dalam penanganan masalah kesehatan mental.

Mencari Posisi Antara Agama dan Kesehatan Mental

Riset bertajuk “Agama dan Kesehatan Mental: Perspektif Tokoh Agama dan Praktisi” ini melakukan pengumpulan data melalui diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion) pada September 2024 yang melibatkan pemimpin agama dan penyedia layanan kesehatan mental. Untuk melengkapi data, tim juga melakukan wawancara kepada beberapa praktisi kesehatan mental dan tokoh agama. Gangguan mental yang menjadi limitasi dalam penelitian ini ialah gangguan kesehatan mental signifikan dengan gejala seperti depresi, kecemasan, dan pikiran untuk bunuh diri. Tokoh agama yang hadir mewakili perspektif Islam, Kristen Protestan, dan Buddha. Sementara itu, praktisi kesehatan mental yang hadir berasal dari Fakultas Psikologi UGM, Into The Light, Rifka Annisa, dan Nayacita. 

Masalah kesehatan mental rupanya belum menjadi perhatian khusus bagi tokoh agama yang hadir, hingga ada kejadian luar biasa yang terjadi di lembaga mereka seperti kasus bunuh diri. Kejadian tersebut membuat beberapa pemuka agama mulai menyadari urgensi masalah ini. Beberapa rumah ibadah dan sekolah berbasis agama pun mulai mengintegrasikan  pendidikan agama dan kesehatan mental melalui program-programnya. Seperti disampaikan oleh Pendeta Noel dari Gereja Kristen Jawi (GKJ) Gondokusuman, “Jemaat yang mengalami permasalahan kondisi mental akan didampingi oleh pendeta.”

Hal serupa juga dilakukan oleh Pendeta Nani dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). UKDW mengintegrasikan agama dan kesehatan mental dalam counseling day untuk mahasiswa mereka. Meskipun agama turut andil, agama masih ditempatkan kemudian setelah berkonsultasi dengan psikolog ataupun dokter untuk melihat faktor psikologis dan biologis.

Sementara itu, Galuh, perwakilan umat Buddha, mengaitkan kondisi kesehatan mental seseorang dengan ajaran keagamaan. “Keinginan (tanha) untuk tidak menjadi sukha menjadi penyebab orang bunuh diri. Dalam kosmologi buddhis, orang-orang demikian diyakini akan lahir di alam tanpa rupa atau fisik, sebagai petta atau mahluk gentayangan sesuai keinginannya.” 

Ketika berbicara tentang agama dan kesehatan mental, sebagian besar masyarakat menganggap agama dianggap sebagai obat mujarab bagi kesehatan mental. “Kayak misalnya kita ngalamin depresi, orang tua ngarahinnya ya itu ibadah. Nah, dan itu tidak terjadi di satu dua keluarga, tapi itu banyak terjadi di masyarakat. Ga di agamaku aja, Islam.” jelas Zuri, konselor Into The Light. Nyatanya, para pemuka agama sendiri banyak yang membutuhkan psikolog dan psikiater untuk masalah mereka. “Banyak kok orang yang dia itu ustadz tapi dia butuh psikolog, butuh psikiater, bahkan psikolog yang butuh psikiater pun ada,” tukasnya. Hal serupa juga ditemukan dari wawancara dengan berbagai praktisi kesehatan mental, seperti dengan Sekolah Rekonsiliasi dan Naya Cita

Agama dan Kesehatan Mental yang Berjarak

Di sisi lain agama rupanya seringkali dikesampingkan oleh para praktisi kesehatan ketika menangani masalah kesehatan mental. Salah satu alasannya, agamalah yang menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya masalah kesehatan mental. Saeroni, konselor Rifka Annisa, menyebutkan bahwa tekanan doktrin agama justru dapat membuat seseorang menjadi depresi. “Pengalaman traumatis dalam beragama menimbulkan (masalah) kesehatan mental,” jelasnya.  

Para praktisi kesehatan mental memilih untuk mengedepankan pendekatan saintifik daripada keagamaan. “Jadi kalau kita jelaskan ke anak ya kita jelaskan juga secara saintifik, sebenernya orang tua itu gimana, latar belakang yang mempengaruhinya gimana, cara kerja otak anak gimana. Gimana mereka keputusannya,” terang Maya dari Nayacita. 

Serupa, Sekolah Rekonsiliasi juga tidak memasukkan unsur agama dalam konseling mereka  atau pun support study. Selain dikarenakan banyak yang mengalami religious trauma, perbedaan agama sang fasilitator dan peserta juga menjadi alasan untuk tidak melibatkan agama. Pelibatan agama dilakukan dalam bentuk spiritualitas yang umum dan mengaitkan dengan kehendak diri juga kehendak Tuhan. Spiritualitas pun tidak dapat seketika dibicarakan, perlu tahapan panjang hingga siap untuk masuk pada ranah tersebut.

Hasil sementara riset ini menunjukkan bahwa ada jarak antara paradigma keagamaan dan praktik kesehatan mental. Bagi praktisi kesehatan mental, agama seringkali dipisahkan dalam konseling karena dianggap sebagai salah satu faktor pendorong masalah mental. Di sisi lain, para tokoh agama kerap membingkai isu kesehatan mental ini melalui terma atau pun dogma agama. 

______________________

Anisa Eka Putri Kusmayani adalah mahasiswa Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS), Sekolah Pascasarjana UGM, angkatan 2023. Baca tulisan Ninis lainnya di sini.

Foto tajuk di artikel: Ehimetalor Akhere Unuabona/unsplash

 

Tags: agama dan kesehatan mental Anisa Eka Putri Kusmayani kesehatan mental mental health

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

A M P A T Baru kemarin, pemerintah YTTA melakukan A M P A T
Baru kemarin, pemerintah YTTA melakukan aksi simsalabim dengan mencabut empat konsesi tambang di salah satu gugusan Red Line. Aksi "heroik" itu terlihat janggal ketika perusahaan yang paling bermasalah dalam perusakan lingkungan, bahkan yang menjadi pusat viral, justru dilindungi. Tentu bukan karena cocokologi dengan nama Raja Ampat sehingga hanya empat perusahaan yang dicabut konsesinya. Bukan cocokologi juga ketika Raja Ampat akan menjadi lokus tesis yang akan diuji esok di CRCS UGM. Berkebalikan dengan aksi badut jahat di Raja Ampat, @patricia_kabes akan bercerita bagaimana komunitas masyarakat di Aduwei mengelola laut dengan lestari melalui sasi. Berangkat dari negeri timur, peraih beasiswa LPDP ini justru menjadi yang pertama di angkatannya untuk menambahkan dua huruf pada akhir namanya.
For people who learn religious studies, it is comm For people who learn religious studies, it is common to say that "religion", as a concept and category, is Western modern invention. It is European origin, exported globally through colonialism and Christian mission. Despite its noble intention to decolonize modern social categories, it suffers from historical inaccuracy. Precolonial Islamic Malay and Javanese texts in the 16th and 17th century reflect a strong sense of reified religion, one whose meaning closely resembles the modern concept.

Come and join @wednesdayforum discussion at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
I N S P I R A S I Secara satir, penyandang disabil I N S P I R A S I
Secara satir, penyandang disabilitas baru mendapatkan sorotan ketika dia mampu berprestasi, mampu mengatasi segala rintangan dan kekurangan. Singkat kata, penyandang disabilitas kemudian menjadi sumber inspirasi bagi nondisabilitas. Budi Irawanto menyebutnya sebagai "inspirational porn". Simak ulasan lengkapnya di situs web crcs ugm.
Human are the creature who live between the mounta Human are the creature who live between the mountain and the sea. Yet, human are not the only one who live between the mountain and the sea. Human are the one who lives by absorbing what above and beneath the mountain and the sea. Yet, human are the same creature who disrupt and destroy the mountain, the sea, and everything between. Not all human, but always human. By exploring what/who/why/and how the life between the mountain and the sea is changing, we learn to collaborate and work together, human and non-human, for future generation—no matter what you belief, your cultural background.

Come and join @wednesdayforum with Arahmaiani at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju