• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Headline
  • Modal Sosial Menghadapi Gerakan Intoleran di Jawa Barat

Modal Sosial Menghadapi Gerakan Intoleran di Jawa Barat

  • Headline, News, Pluralism News, SPK news
  • 29 November 2015, 01.00
  • Oleh:
  • 0

Fardan Mahmudatul Imamah | CRCS | SPK

SPK-VII-JAWA-BARAT-KEBERAGAMAN-03
Sekolah Pengeloloaan Keragaman VII, Sangkanhurip Resort, Cigugur Kuningan, Jawa Barat.

Jawa Barat adalah provinsi dengan kasus intoleran tertinggi di Indonesia, khususnya selama delapan tahun terakhir. Kasus intoleran tersebut berupa kekerasan terhadap kelompok minoritas seperti Ahmadiyah dan Syiah, penutupan gereja, kampanye anti perbedaan, peraturan daerah yang diskriminatif, serta pelanggaran hak-hak sipil. Hal ini terungkap pada salah satu sesi diskusi acara Sekolah Pengelolaan Keragaman (SPK), Selasa, 24 November 2015. Acara rutin tahunan hasil dari kerja sama Program Studi Lintas Agama dan Budaya (CRCS) UGM dengan Hivos tersebut dihadiri oleh dua puluh enam orang aktivis dan akademisi dari berbagai institusi pendidikan maupun lembaga sosial kemasyarakatan yang berada di Jawa Barat, seperti Fahmina Institut, Gerakan Islam Cinta, Jaringan Kerja Sama antar Umat Beragama (Jakatarub), Values Institut Bandung, Pelita Perdamaian, Peace Generation Indonesa, IPNU, Majelis Khuddamul Ahmadiyah Tasikmalaya, dan Sunda Wiwitan.

Pada diskusi tersebut, Marzuki Wahid nara sumber dari Fahmina Institute mengungkapkan bahwa salah satu dari sekian banyak faktor penyebab peningkatan kasus intoleran di Jawa Barat adalah cukup kuatnya pengaruh faktor politik kekuasaan terhadap arah kebijakan saat menghadapi konflik keragaman atau kepercayaan. Arah kebijakan tersebut cenderung bersikap diskriminatif dan memicu kekerasan terhadap kelompok tertentu. Menurut pendiri Fahmina Institut itu, pemerintah provinsi dan daerah acap kali membuka ruang bagi kelompok intoleran untuk melakukan aksi-aksi kekerasan terhadap kelompok minoritas. Meskipun sebenarnya jumlah kelompok gerakan intoleran tersebut sedikit, namun mereka memiliki daya dukung yang kuat dari pemerintah setempat, militansi anggota, dan perencanaan gerakan yang sistematis dengan menentukan tujuan yang jelas. Padahal, menurut Marzuki, masyarakat muslim yang tidak mendukung gerakan intoleran tersebut juga tidaklah sedikit, bahkan mungkin lebih banyak dari aktivis gerakan intoleran. Namun, mereka cenderung diam dan tidak bertindak sinergis dalam upaya pencegahan tindakan pelanggaran dan kekerasan yang lebih jauh lagi dari kelompok intoleran.

Meskipun demikian, Marzuki Wahid mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir agar tetap fokus melihat sisi peluang dari modal sosial yang ada untuk digunakan sedemikian rupa sebagai upaya menghadapi kelompok intoleran. Hal ini juga disepakati oleh Direktur Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS ) UGM, Dr. Zainal Abidin Bagir. Menurutnya, dibutuhkan pemetaan peluang dan usaha yang sungguh-sungguh dalam pengelolaan modal sosial dengan cara membangun jejaring yang solid antar-aktivis gerakan perdamaian serta membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat maupun aparat pemerintah mengenai pentingnya penghargaan terhadap keberagaman. Sehingga, para aktivis ini mempunyai kekuatan yang cukup untuk bertindak dalam upaya membendung perkembangan gerakan intoleran.

SPK-VII-JAWA-BARAT-KEBERAGAMAN-02
Peserta Sekolah Pengelolaan Keragaman VII, Jawa Barat.

Pada acara SPK ke-VII ini, para peserta tidak hanya mengemukakan kasus-kasus intoleran yang terjadi di daerah masing-masing, tetapi juga berbagi pengalaman mengenai upaya-upaya penyelesaian masalah tersebut dan berbagai kendala mereka hadapi. Diantaranya permasalahan gerakan fundamentalisme di lingkungan sekolah, konflik etnis antara Jawa dan Cina, munculnya peraturan daerah berbasis formalisasi Islam, serta sulitnya pemenuhan hak-hak sipil bagi kelompok terpinggirkan, misalnya pengurusan KTP, pernikahan, dan pemakaman, seperti yang sering dialami oleh masyarakat Sunda Wiwitan dan Ahmadiyah.

Acara SPK yang digelar di Resort Prima Sangkanhurip, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat ini akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu (23 November–4 Desember 2015). Di dalam rangkaian acara SPK ini, para peserta tidak hanya bertukar informasi mengenai permasalahan intoleran di daerah masing-masing, tetapi mereka juga akan dibekali materi-materi pengelolaan keragaman, misalnya teori identitas, resolusi konflik, dan praktik advokasi berbasis riset. Selain itu, para peserta juga berkesempatan melakukan dialog dengan dua komunitas di Cigugur, yakni masyarakat Sunda Wiwitan di Cigugur dan Ahmadiyah di Manislor. Diharapkan, kegiatan ini akan membantu membangun jejaring antara para aktivis dan akademisi dalam rangka menemukan peta peluang dalam usaha mengurangi dan mencegah gerakan intoleran di Jawa Barat (Editor: A.A. Sudjatna).

Tags: Agama Ahmadiyah Cigugur Intoleransi Jawa Barat keberagaman Kuningan Manislor Marzuki Wahid Resolusi Konflik SPK SPK VII Sunda Wiwitan Zainal Abidin Bagir

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

For people who learn religious studies, it is comm For people who learn religious studies, it is common to say that "religion", as a concept and category, is Western modern invention. It is European origin, exported globally through colonialism and Christian mission. Despite its noble intention to decolonize modern social categories, it suffers from historical inaccuracy. Precolonial Islamic Malay and Javanese texts in the 16th and 17th century reflect a strong sense of reified religion, one whose meaning closely resembles the modern concept.

Come and join @wednesdayforum discussion at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
I N S P I R A S I Secara satir, penyandang disabil I N S P I R A S I
Secara satir, penyandang disabilitas baru mendapatkan sorotan ketika dia mampu berprestasi, mampu mengatasi segala rintangan dan kekurangan. Singkat kata, penyandang disabilitas kemudian menjadi sumber inspirasi bagi nondisabilitas. Budi Irawanto menyebutnya sebagai "inspirational porn". Simak ulasan lengkapnya di situs web crcs ugm.
Human are the creature who live between the mounta Human are the creature who live between the mountain and the sea. Yet, human are not the only one who live between the mountain and the sea. Human are the one who lives by absorbing what above and beneath the mountain and the sea. Yet, human are the same creature who disrupt and destroy the mountain, the sea, and everything between. Not all human, but always human. By exploring what/who/why/and how the life between the mountain and the sea is changing, we learn to collaborate and work together, human and non-human, for future generation—no matter what you belief, your cultural background.

Come and join @wednesdayforum with Arahmaiani at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
R A G A Ada beberapa definisi menarik tentang raga R A G A
Ada beberapa definisi menarik tentang raga di KBBI. Raga tidak hanya berarti tubuh seperti yang biasa kita pahami dalam olah raga dan jiwa raga. Raga juga dapat berarti keranjang buah dari rotan, bola sepak takraw, atau dalam bahasa Dayak raga berarti satuan potongan daging yang agak besar. Kesemua  pengertian itu menyiratkan raga sebagai upaya aktif berdaya cipta yang melibatkan alam. Nyatanya memang keberadaan dan keberlangsungan raga itu tak bisa lepas dari alam. Bagi masyarakat Dondong, Gunungkidul, raga mereka mengada dan bergantung pada keberadaan telaga. Sebaliknya, keberlangsungan telaga membutuhkan juga campur tangan raga warga. 

Simak pandangan batin @yohanes_leo27  dalam festival telaga Gunungkidul di web crcs ugm
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju