• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Berita
  • KUHP 2023 dan Hak-Hak Kewargaan terkait KBB

KUHP 2023 dan Hak-Hak Kewargaan terkait KBB

  • Berita, News
  • 15 March 2025, 12.37
  • Oleh: crcs ugm
  • 0

Setahun menuju implemetasi efektif KUHP 2023, CRCS bersama ISFORB menginisiasi seminar nasional untuk membahas pembatasan kebebasan beragama atau berkeyakinan (KBB) dalam KUHP Bab 7 Pasal 300—305 dan launching Buku Ajar Penafsiran Pasal 300—305 KUHP 2023 yang dilakukan di beberapa kota. Salah satu kota yang disambangi adalah Padang, Sumatera Barat, tepatnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Andalas. Empat pemateri hadir untuk menuangkan tinjauannya dari sudut pandang kepakarannya masing-masing. 

Dr. Samsul “Anchu” Maarif mengawali pembabaran dengan menarik benang merah terkait hukum pidana dan KBB, “Tidak dapat dipungkiri, nature dari KUHP itu adalah membatasi hak. Maka yang menjadi concern adalah bagaimana pembatasan itu tidak melanggar hak warganegara, terutama dalam hal beragama atau berkeyakinan.” Oleh karena itu, tukasnya, implementasi KUHP yang baru ini harus sesuai dengan norma konstitusi yang menjamin KBB yakni UUD 1945 hasil Amandemen pasal 28 E dan pasal 29 ayat 2; UU No. 39/1999 tentang HAM, pasal 22; UU No. 12/2005 tentang pengesahan ICCPR/KIHSP Pasal 18. Berdasarkan norma konstitusi tersebut, negara wajib melindungi hak warga untuk berkeyakinan (forum internum) dan kebebasan untuk mengekspresikan keyakinan (forum eksternum) dengan batasan-batasan khusus. Anchu menggarisbawahi tujuan utama dari digantinya pasal 156a menjadi pasal 300 pada KUHP 2023 ini adalah, “Agar setiap orang terlindungi dari potensi gangguan atas dasar agama.” Dengan kata lain, yang dilindungi ialah individu, bukan agamanya.

Tinjuan kritis terhadap KUHP 2023 disampaikan oleh Beni Kharisma Arrasul, LL.M, dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas. Bertolak dari teori antinomi hukum dalam perlindungan HAM, Beni menguliti bagaimana KUHP 2023 yang akan berlaku tahun depan ini dalam kondisi tertentu akan selalu berhadapan dengan pertentangan antara kebebasan kolektif (collective freedom) dan kebebasan kebebasan individual (individual freedom). Jelasnya, collective freedom, dalam hal ini, urusannya dengan beragama, berkeyakinan dan beribadah, sedangkan individual freedom itu manifestasinya adalah kebebasan untuk menyampaikan pendapat, pikiran, melalui tulisan maupun lisan. Keduanya, berbeda dan tidak boleh dicampurkan. “Percayalah di negara ini, jika ekpresi kebebasan individualnya adalah olok-olok suatu agama atau kepercayaan, yang pasti akan dilindungi itu adalah collective freedom,” tegasnya. Namun, collective freedom dapat dibatalkan dalam kasus-kasus khusus seperti saat pandemi Covid-19 ketika terjadi hak asasi untuk berkumpul dan beribadah ke tempat ibadah dibatasi demi hak untuk selamat dan sehat. 

Implementasi KUHP 2023 mendapat sorotan tajam dalam materi berikutnya. Berangkat dari perspektif hukum pidana, Dr. Edita Elda, dosen Hukum Pidana Faklutas Hukum Universitas Andalas, mengawali diskusi dengan dalil KUHP 1/23 (sebutan untuk UU No.1 Tahun 2023/KUHP Baru), “Dalam hukum pidana, segala sesuatu itu pada prinsipnya terkait dengan azas legalitas. Tidak boleh suatu perbuatan itu dihukum, diberikan ancaman hukuman sanksi pidana, sebelum ada aturan yang mengaturnya. Jadi hukum pidana adalah hukum publik.” Hukum pidana hanya akan bekerja ketika hukum yang lain seperti mediasi di luar pengadilan atau mediasi nonpenal tidak mampun memberikan solusi. Jadi sebisa mungkin sistem hukum pidana menjadi ultimum remedium, atau jalan terakhir untuk menyelesaikan suatu masalah hukum. Persis di sinilah letak keistimewaan hukum pidana dan perlindungan negara terhadap warga negara. Hukum ini tidak secara sewenang-wenang digunakan untuk menghukum orang, karena tujuan utamanya tidak semata menindak pelaku atau memulihkan korban, tetapi pemulihan dan rasa aman dalam masyarakat melalui penegakan norma hukum. Menurutnya, perubahan dalam KUHP baru ini membuat pidana penjara tidak lagi menjadi pilihan “favorit” atau jalan satu-satunya. Yang juga penting diupayakan dalam implementasi KUHP yang baru ini adalah penyamaan persepsi dan pemahaman atas regulasi dari berbagai pihak, terutama aparat-aparat penegak hukum.

Pemaparan materi seminar ini dipungkasi telaah trajektori regulasi agama di Indonesia oleh Dr. Zulfadli, Ketua Departemen Ilmu Politik Universitas Andalas. Melalui perspektif politik dan sejarah demokrasi di Indonesia, Zulfadli menyoroti delik pidana agama pada KUHP. “Agama itu punya peran penting dalam konstitusi kita, sehingga, demokrasi yang dikembangkan itu adalah demokrasi yang ramah terhadap agama, bukan demokrasi yang memusuhi agama, bukan juga demokrasi yang berbasis pada agama tertentu,” jelasnya.

Meneruskan gagasan Godly Nationalism dari Jeremi Menchik, Zulfadli menjelaskan bahwa Indonesia adalah salah satu negara demokrasi yang memiliki keunikannya sendiri oleh karena mendasarkan salah satu solidaritas nasionalismenya pada agama (lihat Persoalan-persoalan Terkait Demokrasi Religius di Indonesia). Agama telah menjadi aspek penting kehidupan politik di Indonesia. Berkaitan dengan tindak pidana agama di Indonesia, Zulfadli mengamini bahwa dalam regulasi yang berlaku sering kali menjadi alat untuk mendiskriminasi kelompok-kelompok minoritas yang rentan yang bertentangan dengan keyakinan kelompok arus utama, terutama di tahun-tahun politik pasca-Reformasi 1998  yang melibatkan tekanan massa yang cukup besar. Berkaca dari dinamika tersebut, penerapan prinsip HAM dalam regulasi beragama atau berkeyakinan dalam KUHP 2023 ini menjanjikan sebuah kemajuan kehidupan demokrasi di Indonesia yang menjunjung hak-hak kelompok agama minoritas rentan.

Seminar nasional ini mengharap tumbuhnya kesadaran kewarganegaraan yang tidak terbatas pada diskusi di dalam ruangan. Kesadaran ini seyogianya meluas pada upaya aktif warga negara untuk merefleksikan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berprinsip HAM, di antaranya ialah KBB. Pada dasarnya, kewarganegaraan adalah laku keseharian (everyday citizenship). Fakta bahwa masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan hidup berdampingan dan saling menghormati menunjukkan bahwa warga Indonesia itu telah memiliki modal dan potensi untuk terlibat mengusung gagasan norma konstitusi. KUHP, dalam hal ini, adalah pintu masuknya, karena ia yang mengatur potensi membatasi hak. Yang jadi PR ialah bagaimana pembatasannya tidak melanggar norma-norma konstitusi yang menjamin hak dan kebebasan warga negara? Hal ini mensyaratkan kehadiran partisipasi warga negara, aktivis, dan insan akademis sehingga KUHP tidak digunakan secara sewenang-wenang. 

______________________

Refan Aditya adalah alumnus Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS), Sekolah Pascasarjana UGM, angkatan 2022. Baca tulisan Refan lainnya di sini.

Artikel ini merupakan salah satu usaha CRCS UGM untuk mendukung SDGs nomor  4 tentang Pendidikan Berkualitas dan nomor 16 tentang Perdamaian, Keadilan, dan Pelembagaan yang Tangguh

Tags: KBB kebebasan beragama atau berkeyakinan KUHP KUHP 2023 refan aditya

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

For people who learn religious studies, it is comm For people who learn religious studies, it is common to say that "religion", as a concept and category, is Western modern invention. It is European origin, exported globally through colonialism and Christian mission. Despite its noble intention to decolonize modern social categories, it suffers from historical inaccuracy. Precolonial Islamic Malay and Javanese texts in the 16th and 17th century reflect a strong sense of reified religion, one whose meaning closely resembles the modern concept.

Come and join @wednesdayforum discussion at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
I N S P I R A S I Secara satir, penyandang disabil I N S P I R A S I
Secara satir, penyandang disabilitas baru mendapatkan sorotan ketika dia mampu berprestasi, mampu mengatasi segala rintangan dan kekurangan. Singkat kata, penyandang disabilitas kemudian menjadi sumber inspirasi bagi nondisabilitas. Budi Irawanto menyebutnya sebagai "inspirational porn". Simak ulasan lengkapnya di situs web crcs ugm.
Human are the creature who live between the mounta Human are the creature who live between the mountain and the sea. Yet, human are not the only one who live between the mountain and the sea. Human are the one who lives by absorbing what above and beneath the mountain and the sea. Yet, human are the same creature who disrupt and destroy the mountain, the sea, and everything between. Not all human, but always human. By exploring what/who/why/and how the life between the mountain and the sea is changing, we learn to collaborate and work together, human and non-human, for future generation—no matter what you belief, your cultural background.

Come and join @wednesdayforum with Arahmaiani at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
R A G A Ada beberapa definisi menarik tentang raga R A G A
Ada beberapa definisi menarik tentang raga di KBBI. Raga tidak hanya berarti tubuh seperti yang biasa kita pahami dalam olah raga dan jiwa raga. Raga juga dapat berarti keranjang buah dari rotan, bola sepak takraw, atau dalam bahasa Dayak raga berarti satuan potongan daging yang agak besar. Kesemua  pengertian itu menyiratkan raga sebagai upaya aktif berdaya cipta yang melibatkan alam. Nyatanya memang keberadaan dan keberlangsungan raga itu tak bisa lepas dari alam. Bagi masyarakat Dondong, Gunungkidul, raga mereka mengada dan bergantung pada keberadaan telaga. Sebaliknya, keberlangsungan telaga membutuhkan juga campur tangan raga warga. 

Simak pandangan batin @yohanes_leo27  dalam festival telaga Gunungkidul di web crcs ugm
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju