• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
Universitas Gadjah Mada
  • About Us
    • About CRCS
    • Vision & Mission
    • People
      • Faculty Members and Lecturers
      • Staff Members
      • Students
      • Alumni
    • Facilities
    • Library
  • Master’s Program
    • Overview
    • Curriculum
    • Courses
    • Schedule
    • Admission
    • Scholarship
    • Accreditation and Certification
    • Academic Collaborations
      • Crossculture Religious Studies Summer School
      • Florida International University
    • Student Satisfaction Survey
    • Academic Documents
  • Article
    • Perspective
    • Book Review
    • Event Report
    • Class Journal
    • Interview
    • Wed Forum Report
    • Thesis Review
    • News
  • Publication
    • Reports
    • Books
    • Newsletter
    • Monthly Update
    • Infographic
  • Research
    • CRCS Researchs
    • Resource Center
  • Community Engagement
    • Film
      • Indonesian Pluralities
      • Our Land is the Sea
    • Wednesday Forum
    • ICIR
    • Amerta Movement
  • Beranda
  • Berita
  • Transpuan dan Hak Demokrasi yang Terabaikan

Transpuan dan Hak Demokrasi yang Terabaikan

  • Berita, Berita, Event report, Laporan, News, News
  • 18 November 2024, 14.25
  • Oleh: crcs ugm
  • 0

Transpuan dan Hak Demokrasi yang Terabaikan

Nita Amriani – 11 November 2024

Apakah seorang transpuan lahir hanya untuk mengecap pedihnya bayang-bayang persekusi dan menjadi pelengkap suara pemilu?

Diskriminasi dan stigma berlapis menyingkirkan kelompok transpuan dari hak-hak dasar sebagai warga negara. Banyak transpuan sulit mengakses pekerjaan dan hidup dalam ancaman persekusi. Di sisi lain, mereka juga tak lagi punya ruang aman di rumah karena keluarga mereka tidak lagi mau menerimanya. Bagi kelompok transpuan, konsep keadilan dalam sila ke-5 Pancasila masih jauh api dari panggang. 

World Health Organization (2021) mendefinisikan transpuan sebagai seseorang yang ditetapkan sebagai laki-laki saat lahir tetapi memiliki identitas gender sebagai perempuan. Beberapa transpuan memutuskan untuk menjalani berbagai proses medis untuk beradaptasi dengan identitas gender mereka. Namun, ini tidak menjamin penerimaan dari masyarakat luas. Mayoritas masyarakat menganggap keberadaan transpuan sebagai perilaku menyimpang. Di sisi lain, kurangnya representasi positif transpuan dalam media, politik, dan ruang publik semakin memperparah stigma. 

Yuni Shara al Buchori, pimpinan Pondok Pesantren Waria, dalam Forum Kamisan Daring (18/07) menyatakan bahwa stigma yang melekat pada kelompok transpuan berimplikasi pada kesulitan memperoleh pekerjaan. Mereka ditolak bahkan sebelum menunjukkan kualifikasi dan kemampuanya. Diskriminasi tersebut terjadi secara terang-terangan maupun terselubung. Hal ini memaksa transpuan untuk mempertahankan hidupnya dengan berbagai cara, dari mengamen hingga menjadi pekerja seks komersial. 

Transpuan  juga sering kali menghadapi lingkungan kerja yang tidak ramah. Jika berhasil mendapatkan pekerjaan, mereka tak jarang menjadi sasaran pelecehan atau diskriminasi dari rekan kerja maupun atasan. Ketidaksetaraan ini diperparah oleh kurangnya kebijakan yang melindungi hak-hak transpuan di banyak tempat. Sebagian besar perusahaan belum memiliki kebijakan yang secara eksplisit melindungi pekerja transpuan dari diskriminasi. Pada akhirnya, hal ini memperparah ketimpangan sosial dan ekonomi yang mereka hadapi.

Di tengah ketimpangan dalam mengakses pekerjaan, beberapa pemerintah daerah malah mengeluarkan regulasi pelarangan aktivitas oleh pengamen dan anak jalanan seperti Perda Kota Bengkulu No. 7 Tahun 2017 dan Kota Samarinda bernomor serupa. Regulasi ini kian mempersempit ruang kesempatan kerja para transpuan. Menurut  Yuni, jika negara melarang transpuan mengamen, seharusnya pemerintah hadir dengan mengakomodasi lapangan pekerjaan dan jaminan keamanan secara tertulis terhadap mereka.

Di tengah kompleksitas problematika yang dihadapi oleh transpuan di Indonesia, mereka tetap menjalankan haknya sebagai warga negara, salah satunya dengan berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Namun, sejauh ini kewajiban negara untuk melindungi kelompok rentan ini masih minim. Lantas timbul pertanyaan, apakah eksistensi mereka diakui saat pemilihan politik saja? 

Undang-Undang 1945 secara tegas dan jelas menjamin hak asasi bagi warga negara dalam memperoleh kepastian hukum. Di samping memastikan hak asasi manusia melalui UUD 1945, Indonesia juga telah meratifikasi Konvensi tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1984 mengenai ratifikasi Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women (CEDAW). Interpretasi yang lebih inklusif terhadap CEDAW dapat memperluas perlindungan ini terhadap kelompok-kelompok yang mungkin mengalami diskriminasi karena identitas gender mereka, termasuk transpuan (wanita transgender). Dalam konteks hukum dan kebijakan di beberapa negara, prinsip-prinsip CEDAW telah diinterpretasikan untuk melindungi hak-hak transgender sebagai bagian dari upaya menghapuskan diskriminasi berbasis gender.

Melalui pengesahan ini, negara berkewajiban untuk menghapuskan segala bentuk diskriminasi, termasuk terhadap transpuan.Kelompok transpuan berhak mendapatkan penghormatan, jaminan keamanan, hingga pemenuhan hal-hak asasi sesuai dengan regulasi yang ada. Sebagaimana UUD 1945 pasal 28I menyampaikan, “Setiap orang bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu”. Lebih lanjut, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia Pasal 9 ayat 2 mengatur, “Setiap orang mempunyai hak untuk hidup tentram, aman, damai, bahagia, sejahtera, lahir dan batin”. Ketentuan tersebut menunjukan adanya jaminan hak rasa aman terhadap setiap orang tanpa terkecuali.

Menciptakan hak demokrasi yang setara khususnya bagi transpuan perlu  kita perjuangkan bersama. Musyawarah tanpa penghakiman sangat diperlukan agar membentuk sikap inklusif bagi masyarakat. Harus ada pengakuan, penghargaan, dan penghormatan atas perbedaan dan keragaman yang ada. Transpuan merupakan bagian dari demokrasi yang harus mendapatkan hak yang sama untuk didengarkan dan diperjuangkan. 

______________________

Nita Amriani adalah mahasiswa Program Studi Agama dan Lintas Budaya (CRCS), Sekolah Pascasarjana UGM, angkatan 2024. Baca tulisan Nita lainnya di sini.

Foto tajuk di artikel ini dipotret oleh Arus Pelangi/Sejuk.org

Tags: ICIR masyarakat adat Nita Amriani

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Instagram

A M P A T Baru kemarin, pemerintah YTTA melakukan A M P A T
Baru kemarin, pemerintah YTTA melakukan aksi simsalabim dengan mencabut empat konsesi tambang di salah satu gugusan Red Line. Aksi "heroik" itu terlihat janggal ketika perusahaan yang paling bermasalah dalam perusakan lingkungan, bahkan yang menjadi pusat viral, justru dilindungi. Tentu bukan karena cocokologi dengan nama Raja Ampat sehingga hanya empat perusahaan yang dicabut konsesinya. Bukan cocokologi juga ketika Raja Ampat akan menjadi lokus tesis yang akan diuji esok di CRCS UGM. Berkebalikan dengan aksi badut jahat di Raja Ampat, @patricia_kabes akan bercerita bagaimana komunitas masyarakat di Aduwei mengelola laut dengan lestari melalui sasi. Berangkat dari negeri timur, peraih beasiswa LPDP ini justru menjadi yang pertama di angkatannya untuk menambahkan dua huruf pada akhir namanya.
For people who learn religious studies, it is comm For people who learn religious studies, it is common to say that "religion", as a concept and category, is Western modern invention. It is European origin, exported globally through colonialism and Christian mission. Despite its noble intention to decolonize modern social categories, it suffers from historical inaccuracy. Precolonial Islamic Malay and Javanese texts in the 16th and 17th century reflect a strong sense of reified religion, one whose meaning closely resembles the modern concept.

Come and join @wednesdayforum discussion at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
I N S P I R A S I Secara satir, penyandang disabil I N S P I R A S I
Secara satir, penyandang disabilitas baru mendapatkan sorotan ketika dia mampu berprestasi, mampu mengatasi segala rintangan dan kekurangan. Singkat kata, penyandang disabilitas kemudian menjadi sumber inspirasi bagi nondisabilitas. Budi Irawanto menyebutnya sebagai "inspirational porn". Simak ulasan lengkapnya di situs web crcs ugm.
Human are the creature who live between the mounta Human are the creature who live between the mountain and the sea. Yet, human are not the only one who live between the mountain and the sea. Human are the one who lives by absorbing what above and beneath the mountain and the sea. Yet, human are the same creature who disrupt and destroy the mountain, the sea, and everything between. Not all human, but always human. By exploring what/who/why/and how the life between the mountain and the sea is changing, we learn to collaborate and work together, human and non-human, for future generation—no matter what you belief, your cultural background.

Come and join @wednesdayforum with Arahmaiani at UGM Graduate School building, 3rd floor. We provide snacks and drinks, don't forget to bring your tumbler. This event is free and open to public.
Follow on Instagram

Twitter

Tweets by crcsugm

Universitas Gadjah Mada

Gedung Sekolah Pascasarjana UGM, 3rd Floor
Jl. Teknika Utara, Pogung, Yogyakarta, 55284
Email address: crcs@ugm.ac.id

 

© CRCS - Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju